POLITIK

Pengamat Politik: Wajah Erick Thohir di Banyak Iklan BUMN Bentuk Penyalahgunaan Jabatan!

DEMOCRAZY.ID
Mei 16, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pengamat Politik: Wajah Erick Thohir di Banyak Iklan BUMN Bentuk Penyalahgunaan Jabatan!

Pengamat Politik: Wajah Erick Thohir di Banyak Iklan BUMN Bentuk Penyalahgunaan Jabatan!

DEMOCRAZY.ID - Keberadaan foto-foto Menteri BUMN Erick Thohir yang banyak terpadang di berbagai iklan BUMN disorot oleh olitikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Yulian Gunhar mempermasalahkan keberadaan foto-foto menteri BUMN Erick Thohir seperti di ATM Bank BUMN. 


Salah satunya iklan di setiap gerai ATM Bank seluruh BUMN.


Pria yang karib disapa Gunhar ini berpendapat BUMN terkesan lebih banyak memajang foto Erick Thohir ketimbang Presiden Jokowi.


Atas dasar itu, Gunhar menilai kondisi itu bisa masuk dalam kategori penyalahgunaan jabatan.


"Bisa dimasukan dalam kategori penyalahgunaan wewenang jika layanan Iklan itu bisa dikomersilkan dan dapat menjadi pemasukan negara," katanya, dalam keterangan tertulis, Senin (16/5).


Bahkan anggota Komisi VII DPR RI itu menambahkan, tindakan Erick Thohir bisa dilaporkan kepada kejaksaan atau kepolisian.


Dalam pandangan Gunhar, jika iklan BUMN yang memuat wajah Menteri BUMN itu termasuk kategori berbayar, dan bisa menjadi pendapatan negara, namun ada tindakan itu disalahgunakan.


"Maka kalau memang iklan berbayar itu selama ini bisa menjadi pendapatan negara tetapi disalahgunakan, bisa dilaporkan ke pihak kejaksaan atau kepolisian," katanya.


Gunhar berharap, nstitusi penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan, bahkan BPK perlu melakukan pengusutan  terhadap layanan iklan berbayar BUMN.


Dengan demikian, akan secara gamblang dapat ditelusuri apakah ada unsur dugaan penyalahgunaan pemasukan negara dari iklan.


Secara teknis, aparat penegak hukum perlu mencari tahu apakah selama ini layanan iklan berbayar itu pernah dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan negara tetapi disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan merugikan negara.


"Ini yang harus diusut oleh aparat penegak hukum dan BPK untuk mendapat kejelasaan," demikian Gunhar menekankan.


Anggota DPR RI Dapil Sumatera Selatan II ini juga menyebutkan bahwa tindakan Erick Thohir memajang wajahnya dalam banyak iklan BUMN, sebagai tindakan tidak lazim. 


Bahkan menurutnya belum pernah dilakukan menteri BUMN sebelumnya.


"Mana ada menteri BUMN sebelumnya, melakukan sosialisasi dengan memajang wajahnya di setiap iklan atau layanan BUMN untuk masyarakat umum," pungkasnya. [Democrazy/rmol]

Penulis blog