EKBIS

Lord Luhut: Ya Utang Indonesia Memang Rp7.000 T, Tapi Itu Masih Kecil

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Lord Luhut: Ya Utang Indonesia Memang Rp7.000 T, Tapi Itu Masih Kecil

Lord Luhut: Ya Utang Indonesia Memang Rp7.000 T, Tapi Itu Masih Kecil

DEMOCRAZY.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengkritik banyak pengamat yang asal berbicara mengomentari kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. 


Kritik itu disampaikan Luhut dalam acara Dies Natalis GAMKI ke-60 yang ditayangkan via akun Youtube GAMKI Balikpapan, 21 Mei 2022.


"Saya minta pada teman-teman GAMKI, adik-adik juga, selalulah bicara dengan data. Jangan pakai perasaan. Banyak pengamat-pengamat itu asal ngomong aja, ngomong nggak dia lihat sumber datanya bener nggak," ujarnya.


Salah satu kritik Luhut kepada para pengamat berkaitan dengan utang.


"Jadi saya minta saudara-saudara tolong lihat ini karena ini penting supaya kita jangan salah terbawa mengenai utanglah yang ribuan triliun. Ya utangnya memang Rp 7.000 triliun tapi itu masih kecil, 41% dari PDB kita. Jadi ndak ada masalah. Dan kita salah satu utang yang terkecil di dunia ini," katanya.


Lebih lanjut, dia mengatakan, sejumlah indikator ekonomi tanah air pun kian membaik pascapandemi Covid-19. 


Misalnya tingkat pengangguran hingga realisasi investasi.


"Jadi ini data. Jadi saya kira kalau nanti teman-teman GAMKI, orang tanya banyak pengamat-pengamat asal bunyi asal nyinyir itu suruh lihatin aja data ini. Nah dia bisa berdiskusi. Makanya saya suka kadang-kadang suka nantang datang ke mari, bawa angkamu, datamu, kita lihat siapa yang benar," ujar Luhut. [Democrazy/cnbc]

Penulis blog