-->

Breaking

logo

12 Mei 2022

Kian Jauh Ganjar dan PDIP, Ini 3 Momen Tanda-tandanya

Kian Jauh Ganjar dan PDIP, Ini 3 Momen Tanda-tandanya

Kian Jauh Ganjar dan PDIP, Ini 3 Momen Tanda-tandanya

DEMOCRAZY.ID - Hubungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampak kian renggang dengan DPD PDIP Jawa Tengah. Terbaru, ia tidak ada di acara halalbihalal DPD PDIP Jawa Tengah.


Sebelum acara halalbihalal itu, ada dua kali momen ketidakhadiran Ganjar di acara PDIP, yaitu terkait dengan acara yang dihadiri oleh elite PDIP Puan Maharani. 


Bahkan absennya Ganjar dalam dua acara tersebut dikaitkan dengan hubungannya dengan Puan.


Terbaru, Ganjar tidak hadir dalam acara halalbihalal DPD PDIP Jawa Tengah. 


Namun pihak Ganjar tak secara tegas menjelaskan apakah Ganjar tak hadir dalam acara tersebut karena tak diundang.


Dirangkum Kamis (12/5/2022) berikut ini momen-momen absennya Ganjar dalam acara PDIP.


1. 22 Mei 2021


DPD PDIP Jawa Tengah mengakui Ganjar Pranowo tidak diundang saat Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan arahan untuk kader pada 22 Mei 2021. Padahal acara tersebut dihadiri kepala daerah se-Jateng dari PDIP.


Hal itu diungkapkan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto seusai rangkaian Pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya yang dihadiri Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Panti Marhaen Kota Semarang, Sabtu (22/5/2021) malam.


"Tidak diundang! (Ganjar) wis kemajon (kelewatan). Yen kowe pinter, aja keminter (kalau kamu pintar, jangan bersikap sok pintar)," tegas Bambang seusai acara, Sabtu (23/5/2021) malam.


Pernyataan Bambang tersebut juga disebutkan dalam siaran pers yang diterima. 


Dalam siaran pers tersebut, DPD PDI Perjuangan mengatakan sudah memberikan sinyal jika sikap Ganjar yang terlalu ambisi dengan jabatan presiden tidak baik.


Di satu sisi, belum ada instruksi dari Ketua Umun Megawati Soekarnoputri terkait Pilpres 2024. 


Di sisi lain, sikap Ganjar dinilai tidak baik bagi keharmonisan partai, yang wajib tegak lurus pada perintah Ketua Umum.


Hal ini ditengarai dengan tingginya intensitas Ganjar di medsos dan media, termasuk soal aktivitasnya di YouTube.


"Wis tak kode sik, kok saya mblandhang. Ya tak rada atos (sudah saya beri isyarat, kok malah semakin nekat. Ya saya sikapi agak keras). Saya di-bully di medsos, ya bully saja. Saya tidak perlu jaga image saya," ujar pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu.


Ternyata sehari sebelumnya, Ganjar sempat bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ganjar mengaku bersilaturahmi saat itu.


"Silaturahmi, halalbihalal. Sama nganterin lukisan tentang keceriaan anak-anak," kata Ganjar seusai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Semarang, Senin (24/5/2021).


Ganjar datang ke Jakarta hari Jumat (21/5), sedangkan acara di kantor DPD PDIP Jateng digelar pada Sabtu (22/5). Saat momen bertemu dengan Megawati itu Ganjar memberikan lukisan karya seniman Djoko Susilo.


"Bu Mega bilang, 'Saya ingin melihat masa depan anak-anak, khususnya perempuan, yang menatap Indonesia dengan mata berbinar-binar dengan senyum lebar'," ujarnya.


2. 20 Januari 2022


Ganjar juga absen saat Puan Maharani meresmikan Pasar Legi, Solo, pada 20 Januari 2022. 


Lawatan Puan kala itu didampingi tuan rumah, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.


Sejumlah tokoh juga hadir, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, serta mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.


Absennya orang nomor satu di Jateng itu tentunya menimbulkan pertanyaan. Apalagi Ganjar dan Puan merupakan sesama kader PDIP. Nama Ganjar maupun yang mewakili juga tidak disebut-sebut dalam pidato di acara itu.


"Bapak ke Jakarta pagi tadi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov Jawa Tengah Agung Kristiyanto kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Kamis (20/1/2022).


Dia menjelaskan Ganjar menghadiri undangan dari Istana untuk rapat bersama Gubernur Jawa Timur dan Banten.


"Menghadiri undangan rapat dari Istana bersama Gub Banten dan Gub Jatim," lanjut Agung memberikan penjelasan.


Sehari sebelum acara peresmian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku tidak tahu-menahu mengenai siapa saja yang diundang dalam peresmian pasar itu.


Dia beralasan tuan rumah dalam acara itu adalah Kementerian PUPR. Undangan untuk acara tersebut juga dibuat oleh Kementerian.


Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tidak tahu-menahu tentang ketidakhadiran Ganjar dalam acara tersebut.


"Nek takon kui aku ra ngerti (kalau tanya itu, saya tidak tahu)," kata Basuki.


3. 12 Mei 2022


Terbaru, Ganjar Pranowo ternyata tidak hadir di acara halalbihalal PDIP di kantor Panti Marhaen di Kota Semarang pada Sabtu (7/5/2022) pekan lalu. Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul membenarkan hal tersebut.


"Sangat sibuk, dikau lihat sendiri Pak Ganjar sangat sibuk, banyak hal yang ditangani beliau. Jadi ya sudahlah, saking sibuknya, kita paham," kata Bambang, Rabu (11/5/2022).


"Kita ngomong saja situasi, sangat kita paham. Orang Jawa main memahami rasa, kita tidak mau mengganggu kesibukan," lanjutnya.


Sementara itu, Ganjar juga buka suara terkait tak hadir halalbihalal PDIP Jateng. 


Namun dia tidak menjawab secara gamblang apakah dirinya diundang atau tidak di acara tersebut.


"Saya lagi ada di Makassar. Nggak papa, kemarin kan acaranya lebih banyak, kata teman-teman, strategi pemenangan dari kabupaten/kota," ujar Ganjar di kantornya.


"Pertama, kondisi ini semakin menebalkan keyakinan publik bahwa ada konflik batin yang tak biasa antara PDIP dan Ganjar," kata pakar politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada wartawan, Kamis (11/5/2022). [Democrazy/detik]