Breaking

logo

29 Mei 2022

Heboh Beredar Iklan 'Beli Bir Heineken Dapat Tiket Formula E', Panitia Akhirnya Buka Suara

Heboh Beredar Iklan 'Beli Bir Heineken Dapat Tiket Formula E', Panitia Akhirnya Buka Suara

Heboh Beredar Iklan 'Beli Bir Heineken Dapat Tiket Formula E', Panitia Akhirnya Buka Suara

DEMOCRAZY.ID - Muncul iklan pembelian 2 karton bir merek salah satu sponsor global Formula E dapat tiket grandstand Formula E Jakarta. Panitia Formula E Jakarta buka suara.


Iklan bir itu muncul di salah satu e-commerce. Iklan tersebut berbentuk poster digital dengan foto mobil Formula E dan merek bir tersebut.


"Beli 2 karton Heineken 320ml & dapatkan tiket grandstand Jakarta e-prix 2022 senilai Rp 750 ribu," demikian terjemahan isi iklan berbahasa Inggris tersebut seperti dilihat pada Minggu (29/5/2022).


Dikonfirmasi terpisah, Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengatakan pihaknya tak mengetahui soal iklan bir tersebut. 


Dia memastikan saat balap Formula E Jakarta tak ada penjualan bir.


"Kita nggak paham ya ada begituan dan kita panitia sudah menjelaskan bahwa tidak ada iklan apalagi ada minuman bir di acara nanti. Tapi kalau ada iklan beredar saya pastikan bukan dari kami," kata Sahroni.


Soal Sponsor Global Merek Bir


Heineken merupakan salah satu sponsor global Formula E Jakarta yang dibawa FEO. 


Sahroni mengatakan sponsor yang tercantum di situs resmi tersebut bukan sponsor dalam negeri, melainkan sponsor global dari FEO atau Formula E Operation.


"Benar, itu sponsor Global Formula E Operation, bukan urusan dalam negeri," kata Sahroni, Rabu (25/5).


Setidaknya ada empat kategori sponsor global untuk Formula E, yakni sponsor utama, sponsor global, sponsor teknis, dan partner. 


Sponsor terdiri dari sejumlah perusahaan. Di antaranya perusahaan bir Heineken, perusahaan anggur Mo√ęt & Chandon, perusahaan jam tangan mewah TAG Heuher, serta perusahaan penyedia jasa kurir DHL.


Perusahaan lainnya yaitu BOSS, Antofagasta PLC, Enel X Way, Copper.co, Bosch, Allianz, serta perusahaan maskapai penerbangan Saudia. 


Sedangkan untuk sponsor dalam negeri, panitia bakal mengumumkan dalam waktu dekat.


Pastikan Tak Ada Penjualan Bir


Sahroni memastikan tidak ada penjualan bir maupun pemasangan logo bir di ajang Formula E Jakarta. 


Hal ini diputuskan setelah adanya perundingan dengan Formula E Operation (FEO).


"Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix. Selain itu perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi," kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (27/5).


Sahroni juga menekankan tidak akan ada penggunaan sampanye beralkohol saat penyerahan pemenang ajang Formula E Jakarta.


Selain itu, logo perusahaan bir asal Belanda itu bakal diganti tagline 'When you drive, never drink'.


"Selain itu, tidak akan ada penggunaan champagne beralkohol dalam acara penyerahan piala juara. Logo diganti dengan tagline berbunyi, 'When you drive, never drink'," katanya.


FEO, kata Sahroni, menghormati nilai-nilai masyarakat di negara yang menjadi penyelenggara Formula E. 


FEO disebut bakal melakukan penyesuaian dengan budaya lokal negara penyelenggara Formula E.


"Pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya pun menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai masyarakat negara yang menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Jadi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal," ujarnya. [Democrazy/detik]