PERISTIWA

Desain Bangunan IKN Dituding 'Nyontek' Gedung di Canberra, PUPR Buka Suara

DEMOCRAZY.ID
Mei 10, 2022
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
Desain Bangunan IKN Dituding 'Nyontek' Gedung di Canberra, PUPR Buka Suara

Desain Bangunan IKN Dituding 'Nyontek' Gedung di Canberra, PUPR Buka Suara

DEMOCRAZY.ID - Salah satu desain bangunan ibu kota negara (IKN) baru disindir oleh netizen di Twitter. 


Salah satu desain bangunan IKN itu dituding 'menyontek' Gedung Parlemen Canberra di Australia. Kementerian PUPR pun buka suara soal hal ini.


Menurut Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga, sejauh ini yang dia tahu memang belum ada desain gedung di IKN yang sudah siap.


Semua desain gedung yang ada di IKN masih dalam tahap sayembara. 


Maka dari itu, belum tentu gambar desain yang disebut menyontek itu akan digunakan. 


"Setahu saya desain-desain gedung masih tahap sayembara," ungkap Danis ketika dihubungi, Selasa (10/5/2022).


Sebelumnya, Kementerian PUPR lewat akun resminya di Twitter mengunggah beberapa informasi soal IKN. 


Bentuknya berupa foto dengan sedikit tambahan informasi tertulis di dalamnya. Foto-foto yang diunggah bagaikan menggambarkan bentuk dan suasana IKN.


Nah salah satu foto yang diunggah itu ada yang menggambarkan sebuah bangunan yang mirip dengan Gedung Parlemen Canberra.


Perihal gambar yang diunggah akun Kementrian PUPR itu, menurut Danis itu bukan desain gedung yang akan digunakan, melainkan hanya ilustrasi pelengkap informasi soal IKN.


"Itu rasanya hanya ilustrasi terhadap pesan yang ada saja. Ya rasanya bukan (desain gedung yang akan digunakan)," ujar Danis.


Dilihat detikcom, unggahan Kementerian PUPR dikomentari oleh salah satu warganet dan disebut mirip dengan salah satu monumen gedung di Canberra. 


Komentar itu disertai foto bentuk monumen yang dibilang mirip dengan desain bangunan yang ada di IKN.


Dalam komentar itu disebut desain IKN 'menyontek' bangunan yang sudah ada. 


Foto bangunan yang mirip dengan desain IKN itu setelah dicek melalui Google Images adalah Parliament House di Capital Hill, Canberra, Australia. Bentuknya berupa monumen tiang bendera yang ditopang dengan 4 tiang.


Setiap tiang penopangnya bentuknya miring, sehingga kalau dilihat tiang penopang itu membentuk bentuk segitiga. Tentunya, di pucuk tiang ada bendera Australia berkibar.


Nah di salah satu foto yang diunggah Kementerian PUPR ada sebuah desain gedung besar yang di atapnya memiliki monumen mirip dengan tiang bendera di Gedung Parlemen Canberra. Di pucuk tiang ada bendera merah putih berkibar. [Democrazy/detik]

Penulis blog