Breaking

logo

18 Mei 2022

Cak Imin Ingatkan Rakyat: Jangan Pilih Pemimpin Karena Uang, Tapi Pilihlah Karena Hati Nurani!

Cak Imin Ingatkan Rakyat: Jangan Pilih Pemimpin Karena Uang, Tapi Pilihlah Karena Hati Nurani!

Cak Imin Ingatkan Rakyat: Jangan Pilih Pemimpin Karena Uang, Tapi Pilihlah Karena Hati Nurani!

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memprediksi money politic atau politik uang akan menjadi bentuk korupsi yang paling marak terjadi di ajang pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti. 


Cak Imin mengatakan kemurnian politik akan rusak karena politik uang. 


"Ya paling pokok sebetulnya money politic. Yang itu Bawaslu sudah antisipasi. Dan memang kenapa kemurnian politik itu rusak, kompetisi menjadi kacau karena money politic," ujar Cak Imin di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (18/5/2022).


Cak Imin mengajak masyarakat untuk menghindari politik uang. 


Dia meminta masyarakat tidak memilih calon di Pemilu 2024 nanti karena uang. 


"Rakyat jangan memilih karena uang. Memilih betul-betul karena hati nurani, keinginan, cita-cita, kesamaan, harapan, minimal kedekatan dengan calon," tuturnya. 


Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk mengantisipasi kemungkinan pemanfaatan teknologi digital untuk politik uang atau money politic. 


Mantan Ketua Bawaslu RI periode 2017-2022 Abhan mengatakan, keberadaan media sosial dan perkembangan teknologi informasi memungkinkan terjadinya politik uang yang tak kasat mata.


Untuk itu, Bawaslu harus mampu melakukan investigasi terkait dengan politik yang yang memanfaatkan teknologi tersebut. 


"Yang perlu diantisipasi kawan-kawan Bawaslu barangkali era media sosial, money politic tidak lagi transactional cash. Tapi juga digitalisasi bagaimana Bawaslu melakukan investigasi pembuktian money politic yang sifatnya tidak kasat mata tetapi dengan digitalisasi," ujar Abhan dalam acara Bawaslu Mendengar secara daring, Minggu (15/5/2022). [Democrazy/kompas]