PERISTIWA

Tinjau Sirkuit Formula E, Kepala BNPT Boy Rafli Amar Analisis Ancaman Terorisme

DEMOCRAZY.ID
April 27, 2022
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
Tinjau Sirkuit Formula E, Kepala BNPT Boy Rafli Amar Analisis Ancaman Terorisme

Tinjau Sirkuit Formula E, Kepala BNPT Boy Rafli Amar Analisis Ancaman Terorisme

DEMOCRAZY.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar melakukan peninjauan ke sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. 


Boy Rafli menganalisis kelayakan sarana dan prasarana keamanan sirkuit, agar gelaran Formula E bebas dari ancaman terorisme.


Kepala BNPT Boy Rafli didampingi jajarannya meninjau sirkuit Formula E pada Selasa (27/4/2022) siang. 


Kegiatan peninjauan BNPT ini dalam rangka memberikan analisis kelayakan keamanan dari potensi ancaman dan gangguan keamanan, terutama yang menyangkut tindak pidana terorisme.


"Kita memberikan analisa kelayakan dalam upaya menjadikan perhelatan balap Formula E bebas dari ancaman, bebas dari gangguan, bebas dari segala potensi yang dapat menghambat jalannya lomba Formula E ini," kata Boy Rafli dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).


Boy Rafli mengatakan sirkuit Formula E sedang dalam penyelesaian. 


Jenderal polisi bintang 3 itu mengatakan BNPT akan kembali menganalisis kelayakan keamanan setelah pembangunan sirkuit selesai.


"Kalau kita lihat proses penyelesaian sarana prasarana, (pembangunan) masih berlangsung, sehingga nanti (akan) kembali setelah rampung. Kita juga bisa melihat kembali kelayakan sarana prasarana, langkah-langkah pengamanan apa yang harus dilakukan," jelasnya.


BNPT berharap pembangunan sirkuit Formula E di Ancol berjalan dengan baik tanpa kendala, sehingga dapat digunakan pada 4 Juni 2022. 


Dalam pengamanan sirkuit Formula E dari ancaman terorisme, pihak BNPT juga bekerja sama dengan unsur Polri, TNI dan segenap pihak terkait.


Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo, yang juga Vice Managing Director Organization Committee Jakarta EPrix 2022 Gunung Kartiko mengapresiasi kunjungan Kepala BNPT dan jajaran. 


Kartiko mengaku banyak mendapat saran dan masukan terkait keamanan.


"Kami harus lebih bersiap. Banyak arahan-arahan beliau (Boy Rafli) yang harus kita ikutin. Kami juga minta dukungan kepada semua pihak agar menyukseskan acara ini. Dan kita, insyaallah tetap di tanggal 4 Juni 2022," jelasnya.


Sebelumnya di bulan Maret 2022 Kepala BNPT juga sempat mengunjungi sirkuit MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Kunjungan tersebut juga bagian dari upaya pelindungan dan pengamanan dari ancaman tindakan kriminal terorisme. [Democrazy/detik]

Penulis blog