POLITIK

Amien Rais Sentil Jokowi Marah ke Menteri: Dia Lagi Marahi Diri Sendiri!

DEMOCRAZY.ID
April 02, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Amien Rais Sentil Jokowi Marah ke Menteri: Dia Lagi Marahi Diri Sendiri!

Amien Rais Sentil Jokowi Marah ke Menteri: Dia Lagi Marahi Diri Sendiri!

DEMOCRAZY.ID - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais menyinggung momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil dan memarahi menteri. Amien mengatakan Jokowi tengah memarahi diri sendiri.


"Jadi saya melihat kemarin Jokowi ini marah-marah dua kali, pertama di Jakarta yang kedua di Bali. Dia jengkel, dia marah kemudian dia menghujat beberapa menterinya. Kemudian dia menghujat para pejabat tinggi yang lain tanpa menyadari yang milih menteri kan dia," kata Amien Rais melalui video yang diunggah di akun Youtube Amien Rais Official dengan judul 'DUET JOKOWI LUHUT TIDAK KITA PERLUKAN LAGI', Sabtu (2/4/2022).


Amien mengaku heran Jokowi menghujat menteri yang dipilihnya sendiri. 


Menurutnya, pemilihan menteri pasti melalui pertimbangan yang sangat matang.


"Jadi kenapa dipilih sendiri, dihujat sendiri. Ini anak SD kelas 6 aja tersenyum. Bagaimana mungkin seorang pemimpin menetapkan pembantunya, itu menterinya itu, kira-kira proses udah dipikir ya, kira-kira ya sama dengan dia tujuannya mencari sesama jenis," kata Amien.


"Jadi kalau kemudian menteri-menteri itu ternyata apa tidak bisa melaksanakan tugasnya dan lain-lain jadi ada wanprestasi kata-kata istilahnya, barangkali itu karena lurahnya," lanjut Amien.


Eks Ketua MPR ini juga menyinggung pejabat selalu menyerahkan ke presiden ketika ditanya terkait reshuffle. 


Menurut Amien, orang-orang di lingkaran presiden berhak mengusulkan kriteria menteri.


"Di negeri kita ini ada keanehan cara berpikir ya jadi setiap kali ada reshuffle akan diadakan kemudian semua itu hak prerogatif presiden, sudah di kantong saku Bapak Presiden, yang tahu hanya Allah dan bapak presiden seolah-olah siapa sih Presiden itu," ucapnya.


"Saya belum pernah mendengar ada pejabat yang ditanya wartawan mengatakan 'walaupun presiden punya hak prerogatif, tapi saya minta supaya yang dipilih itu first class quality'," lanjut Amien.


Amien mengatakan pemimpin perlu mendapat masukan terkait kriteria menteri. 


Sehingga menteri yang dipilih benar-benar tepat sesuai keahliannya.


"Supaya yang dipilih itu first class quality jangan yang kaleng-kaleng, jangan yang abal-abal. Jadi tolong sesuai keahliannya kemudian track record-nya dilihat dan lain-lain. Tapi tapi semuanya mengatakan semua terserah bapak presiden," ujarnya.


Amien lalu mengatakan kalau Jokowi marah kepada menterinya berarti Jokowi tengah memarahi dirinya sendiri. 


Sebab, menteri yang dimarahi itu merupakan pilihannya.


"Nah presiden ketika marah-marah. Sebenarnya dia sedang memarahi dirinya sendiri," ujarnya. [Democrazy/detik]

Penulis blog