-->

Breaking

logo

19 Maret 2022

Wapres Ma'ruf Amin: Kekuatan Pemimpin Tercermin dari Karakter dan Pelayanan, Bukan Kekuasaannya!

Wapres Ma'ruf Amin: Kekuatan Pemimpin Tercermin dari Karakter dan Pelayanan, Bukan Kekuasaannya!

Wapres Ma'ruf Amin: Kekuatan Pemimpin Tercermin dari Karakter dan Pelayanan, Bukan Kekuasaannya!

DEMOCRAZY.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan bahwa kekuatan seorang pemimpin atau kebesaran seorang pemimpin dapat tercermin dari karakter dan pelayanannya kepada masyarakat.


“Sesungguhnya kekuatan atau kebesaran seorang pemimpin dapat tercermin dari karakter dan pelayanannya, bukan semata-mata tentang kekuasaan yang dimilikinya,” kata Wapres dalam sambutannya pada Public Leader Awards 2022 secara virtual, Jumat (18/3/2022).


Dalam kesempatan itu, Wapres mengatakan para pemimpin daerah atau Gubernur yang menerima Anugerah ini telah menorehkan kemenangan yang tentu adalah hasil dari kerja keras dan cerdas kegigihan serta ketulusannya dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.


“Saya yakin kepemimpinan saudara sekalian juga didorong oleh motivasi yang kuat untuk melayani masyarakat,” katanya.


Wapres pun mengungkapkan setidaknya ada perilaku yang menonjol dari para pemimpin yang kuat dan berhasil memberi dampak nyata bagi institusinya. 


“Secara konsisten membangun kepercayaan, menginspirasi dan menolong orang lain untuk mengatasi kesulitan dan tantangan,” katanya.


Kemudian, kata Wapres, bisa menyelesaikan permasalahan secara efektif ketika bekerja dengan orientasi kuat pada hasil. 


Lalu, pemimpin harus bisa membuat keputusan berdasarkan analisis yang kuat dan perspektif yang luas.


Wapres juga mengungkapkan di tengah pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir ini, para pemimpin baik pusat dan daerah harus mengambil banyak kebijakan agar bisa melewati pandemi. 


“Kita semua menyaksikan dan merasakan hebatnya dampak akibat pandemi Covid-19 dalam 2 tahun terakhir.”


“Di tengah krisis dan ketidakpastian para pemimpin tidak punya banyak pilihan kebijakan yang tidak populer terkadang harus diambil demi mengantar masyarakat melewati masa sulit pandemi ini,” katanya.


Oleh karenanya, Wapres mengatakan bahwa pemimpin-pemimpin daerah semakin ditantang untuk mampu melahirkan kebijakan yang efektif dan mendorong akselerasi pembangunan. 


Kemudian, mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik dengan memanfaatkan teknologi sebagai media bantu. 


Serta, mengoptimalkan sumber daya daerah termasuk APBD agar dampaknya nyata dirasakan masyarakat.


“Saya meyakini tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat ini adalah amanat tertinggi yang harus dijalankan setiap pemimpin publik dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Untuk itu saya berharap saudara sekalian (para pemimpin daerah) dapat menjadi pemimpin yang inspiratif dan transformatif, serta menjunjung tinggi amanah yang dititipkan untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Wapres. [Democrazy/oke]