POLITIK

Terungkap! Menteri PPN Suharso Monoarfa Diam-diam Gugat Cerai Istrinya

DEMOCRAZY.ID
Maret 23, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Terungkap! Menteri PPN Suharso Monoarfa Diam-diam Gugat Cerai Istrinya

Terungkap! Menteri PPN Suharso Monoarfa Diam-diam Gugat Cerai Istrinya

DEMOCRAZY.IDMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menggugat cerai istrinya, Nurhayati Effendi. 


Ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mendaftarkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan (Jaksel). 


Namun, pihak pengadilan enggan membeber alasan Suharso menceraikan istrinya yang juga anggota DPR dari PPP itu.


Humas Pengadilan Agama Jaksel Taslimah menyatakan alasan di balik gugatan cerai itu merupakan bagian dari materi persidangan sehingga tidak bisa dibeberkan ke publik. 


"Penyebab (cerai), kami tidak bisa memberikan spesifik karena ini masih dalam proses," kata Taslimah saat ditemui di kantornya, Rabu (23/3). 


Taslimah menjelaskan isi gugatan Suharso hanya menceraikan Nurhayati bin Usman Effendi.


Oleh karena itu, tidak ada permohonan tentang hak asuh anak maupun harta gana-gini dalam permohonan politikus yang juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tersebut. 


"Enggak ada (hal lain) yang diajukan, hanya cerai saja," terang Taslimah.


Suharso Manoarfa mendaftarkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama Jaksel pada 31 Januari 2022. 


Permohonan itu terdaftar dengan nomor register 568/Pdt G/2022/PA.JS.


Perkaranya mulai disidangkan pada 9 Februari 2022. 


Sampai saat ini sudah ada tiga persidangan. Taslimah mengatakan persidangan ketiga perkara itu digelar pada hari ini.  


"Tadi mediasi lanjutan," katanya.


Suharso Monoarfa Dikenal Menteri Paling Perlente


Kabar retaknya rumah tangga Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa, ternyata sudah lama terdengar di lingkungan kantor Kementerian Perumahan Rakyat di Jalan Raden Fatah, Jakarta Selatan.


Salah seorang pegawai Kemenpera yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa sudah satu bulan lalu kabar miring tersebut menjadi buah bibir para pegawai Kemenpera. 


Karena itu, mereka mengaku tak terlalu kaget setelah Istri Suharso, Carolina Kaluku, mendaftar gugatan cerai di pengadilan Agama Jakarta Selatan.


“Kami sudah mendengar kabar ini beberapa minggu lalu soal Pak Menteri akan dicerai istrinya, namun baru sekarang muncul di media massa,” kata pegawai tersebut saat ditemui di kantornya, Selasa (13/9/2011).


Sepengetahuan dia, Suharso memang dikenal pemimpin yang selalu memperhatikan gaya dan lifestyle. 


Tak ayal setiap bertugas ke luar kota, politikus Partai Persatuan Pembangunan ini kerap bergaya perlente layaknya anak muda.


“Kalau sedang tugas keluar Pak Menteri selalu rapih dan tak lupa memakai kacamata hitam. Dia memang selalu memperhatikan penampilannya,” tandasnya.


Lantas, dimanakah Suharso kini berada? 


“Sejak pagi tadi tak ada di kantor, katanya sedang tugas keluar,” tukas dia.


Sementara itu, pihak Istana Kepresidenan mengaku baru mengetahui kabar gugatan cerai Suharso dari media massa. Istana mengaku akan mengikuti proses perceraian tersebut hingga tuntas.


“Kita ikutilah proses sidang ini. Saya baru tahu berita ini dan tidak bisa berkomentar apapun,” kata Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Julian Aldrin Pasha, saat dikonfirmasi, Selasa (13/9/2011).


Saat disinggung akankah Suharso direshuffle karena gagal mempertahankan bahtera rumah tangga, Julian enggan berkomentar banyak. 


Menurut dia, Presiden SBY hanya akan mengevaluasi kinerja menteri dari segi kinerja. Jika kinerjanya memuaskan, SBY tidak akan mencopot menterinya.


“Yang penting kinerja beliau yang akan dilihat. Karena bagaimanapun menteri itu punya komitmen dengan Presiden sebelum dilantik yakni menandatangani kontrak kinerja dan pakta intrgritas,” tandasnya. [Democrazy/jpnn-oke]

Penulis blog