-->

Breaking

logo

23 Maret 2022

Terbongkar! Ada Cuci Otak Siswa Soal Wadas di Ujian SMP: Kebohongan Sudutkan Warga Tolak Penambangan!

Terbongkar! Ada Cuci Otak Siswa Soal Wadas di Ujian SMP: Kebohongan Sudutkan Warga Tolak Penambangan!

Terbongkar! Ada Cuci Otak Siswa Soal Wadas di Ujian SMP: Kebohongan Sudutkan Warga Tolak Penambangan!

DEMOCRAZY.ID - Wargas Wadas nggak terima dengan mereka disudutkan dalam soal ujian sekolah SMP lho.


Ada soal Wadas di ujian sekolah SMP tapi isinya cuci otak. 


Jadi terbongkar ada soal Wadas di ujian sekolah SMP di purworejo yang salah satu soalnya mengulas soal insiden warga Wadas.


Nah masalahnya, pertanyaan atas soal Wadas di ujian sekolah SMP itu menyudutkan warga Wadas yang tolak penambangan. Nggak terima lah warga Wadas.


Kebohongan Sistemik Soal Wadas


Akun perlawanan warga Wadas, @Wadas_Melawan langsung protes dan menuding naskah soal Wadas di naskah ujian itu bagian dari cuci otak kepada anak didik sekolah soal masalah Wadas.


Nah akun tersebut mengungkapkan naskah soal Wadas yang menyudutkan mereka itu ada pada soal uraian nomor 45 dalam Tes Uji Coba Ujian Sekolah SMP Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan Rabu 23 Maret 2022.


"Dalam naskah soal TUC Ujian Sekolah SMP Kab Purworejo mapel PPKn, ditemukan teks soal ujian yang mengangkat tema Wadas. Akan tetapi, narasi yg ada pada soal itu tidak lain hanyalah kebohongan semata," tulis akun tersebut dikutip dari akun Twitter @Wadas_Melawan.


Jadi dalam soal nomor 45 dlam naskah itu, ada uraian soal kasus Wadas dan ada tiga pertanyaan dari uraian tersebut.


Pertanyaan yang dimaksud yaitu pertama, siapa saja yang terlibat dalam kasus itu? 


Kedua, Bagaimana upaya menyelesaikan masalah tersebut? 


dan Ketiga, Bagaimana tanggapan anda terhadap masalah di atas?


Masalahnya dalam narasi uraian nomor 45 itu, narasinya warga tolak penambangan itu memprovokasi warga sehingga terjadi kisruh.


Terbongkar! Ada Cuci Otak Siswa Soal Wadas di Ujian SMP: Kebohongan Sudutkan Warga Tolak Penambangan!

Akun Wadas Melawan protes dong dengan narasi uraian yang diambil dari Portal Majalengka Pikiran Rakyat pada 10 Februari 2022.


"Narasi tersebut justru menuduh dan menyudutkan warga kontra tambang, mengandung kebohongan informasi, dan mengaburkan latar belakang sebenarnya kenapa warga Wadas menolak pertambangan di desa Wadas. Padahal sudah jelas bahwa sedari awal Warga Wadas sudah menolak tambang," protes akun @Wadas_Melawan.


Cuci Otak Siswa


Selain itu, akun Wadas ini nggak terima dengan narasi warga yang ditangkap adalah warga yang membuat kericuhan. Sebab faktanya enggak seperti itu.


"Padahal faktanya justru aparat kepolisian yang mengepung dan menangkapi warga Wadas ketika warga sedang melakukan mujahadah," protes akun tersebut.


Nah atas bocornya soal ujian sekolah SMP yang menyudutkan warga Wadas tolak penambangan, akun ini menuding ada upaya cuci otak.


"Tentunya hal ini merupakan upaya pencucian otak terhadap para peserta didik. Hal ini mencederai ruang akademik yg seharusnya mengindahkan nilai2 kebenaran. Oleh karena itu, kami menuntut kepada Dinas Pendidikan Kab Purworejo untuk mempertanggungjawabkan hal ini," tegas akun tersebut. [Democrazy/hops]