-->

Breaking

logo

21 Maret 2022

SoftBank Group Akhirnya Ungkap Alasan Tak Jadi Investasi di IKN Nusantara

SoftBank Group Akhirnya Ungkap Alasan Tak Jadi Investasi di IKN Nusantara

SoftBank Akhirnya Ungkap Alasan Tak Jadi Investasi di IKN Nusantara

DEMOCRAZY.ID - SoftBank Group Corp telah menyatakan untuk tidak akan berinvestasi dalam proyek pembangunan Ibu Kota baru Indonesia (IKN Nusantara). Hal ini disampaikan langsung oleh juru bicara perusahaan.


"SoftBank meneruskan proyek tersebut tetapi terus berinvestasi di Indonesia melalui perusahaan portofolio Vision Fund," kata juru bicara SoftBank dilansir dari Reuters, Jumat (11/3).


Sebelumnya pada Januari 2020 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, sempat mengatakan bahwa SoftBank telah menawarkan hingga US$ 40 miliar untuk proyek tersebut.


Lantas kenapa pihak SoftBank membatalkan niatnya untuk berinvestasi di pembangunan IKN?


Representative Director & Chairman SoftBank Ken Miyauchi menyebutkan bahwa SoftBank mundur sebagai investor proyek ibu kota baru lantaran faktor tingkat pengembalian investasi atau return on investment (RoI).


Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa SoftBank akan tetap berinvestasi di Indonesia. 


Hanya saja SoftBank lebih memilih untuk mendukung pengembangan perusahaan rintisan di Indonesia daripada proyek IKN Nusantara.


"Kami tetap melakukan investasi di Indonesia, tetapi tidak melalui pendanaan proyek pembangunan IKN di Kaltim," jelas Ken.


Tidak hanya itu, pengalihan dana investasi yang sebelumnya direncanakan untuk proyek ibu kota baru juga akan dialihkan ke proyek investasi lainnya di provinsi lain di Indonesia.


"Informasi dari founder kami, Masayoshi Son, dalam waktu dekat akan ada rencana pengalihan pendanaan proyek pembangunan IKN ke Sumatera Barat," terang dia. [Democrazy/dtk]