-->

Breaking

logo

31 Maret 2022

Rocky Gerung Bongkar 'Dua Dalang' Deklarasi Ribuan Kepala Desa Dukung Jokowi Tiga Periode: Per Kades Diberi 10 Juta!

Rocky Gerung Bongkar 'Dua Dalang' Deklarasi Ribuan Kepala Desa Dukung Jokowi Tiga Periode: Per Kades Diberi 10 Juta!

Rocky Gerung Bongkar 'Dua Dalang' Deklarasi Ribuan Kepala Desa Dukung Jokowi Tiga Periode: Per Kades Diberi 10 Juta!

DEMOCRAZY.ID - Deklarasi dukungan Jokowi tiga periode oleh ribuan kepala desa di APDESI akan dilaksanakan setelah Lebaran. 


Hal itu menimbulkan kecurigaan berbagai pihak terkait siapa dalang dibalik rencana tersebut yang bahkan disebut rela memberi uang hingga Rp 10 juta per kepala desa atau Kades.


Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung memperkirakan jika Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Luhut Binsar Pandjaitan adalah dalang dibalik deklarasi dukungan Jokowi tiga periode oleh ribuan kepala desa di APDESI. 


Dua orang ini diduga Rocky memberikan uang senilai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per Kades.


Setiap Kepala Desa Diduga Diberi Uang Rp 10 hingga Rp 20 Juta  


"Kalau 80.000 sekian kepala desa diundang, minimal Rp10 juta aja (per partisipan) udah Rp800 miliar, dan Rp20 juta itu Rp1,6 triliun," kata kata Rocky Gerung seperti dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 31 Maret 2022.


Rocky mengatakan bahwa masyarakat juga memiliki dugaan terhadap sosok Cak Imin yang menjadi salah satu dalang dibalik deklarasi dukungan Jokowi tiga periode oleh ribuan kepala desa yang tergabung di APDESI.


Cak Imin Diduga Salah Satu Dalang Deklarasi


Salah satu penyebabnya adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Halim Iskandar ialah seorang kader dari PKB. 


Karena itu, PKB dikabarkan menjadi sponsor atau salah satu sumber dana dari deklarasi tersbut.


"Dari mana uang itu tuh? Orang mungkin bikin kalkulasi 'Ya kan Muhaimin yang ingin agar supaya Presiden Jokowi tiga periode' dan itu artinya kita bisa pahami bahwa Menteri Desa-nya datang dari PKB. Berarti mungkin ada dana dari PKB yang masuk ke situ," terangnya.


Luhut Binsar Pandjaitan diduga dalang deklarasi Jokowi tiga periode


Selain itu, Rocky juga menyebut Luhut sangat berpotensi menjadi dalang deklarasi Jokowi tiga periode oleh ribuan kepala desa di APDESI. 


Ini disebabkan posisi Menko Marinves yang juga memegang jabatan sebagai Ketua Dewan Pembina APDESI.


"Jadi event organizer-nya aja kita kalkulasi berapa dibayarnya ya? Demikian juga kita tahu dua tokoh di situ selain Pak Muhaimin yang kadernya jadi Menteri Desa, juga ada Pak Luhut yang memang adalah Ketua Dewan Pembina APDESI ini," terangnya.


Walau sempat beredar kabar Luhut sempat melarang deklarasi itu, namun tidak menutup kemungkinan pria berjuluk Menteri segala urusan itu menjadi dalang dibalik layer rencana deklarasi ribuan kepala desa mendukung Jokowi tiga periode.


Rocky Gerung mengungkapkan jika sebenarnya segala hal terkait deklarasi telah dirancang dan direncanakan dengan sempurna. 


Namun, tentu ada detil-detil kecil yang tak terpikirkan dan berpotensi menjadi masalah.


"Saya menduga itu dirancang secara sempurna, dan sesuatu yang seringkali terlalu sempurna justru lupa pada hal-hal kecil," terangnya.


Dia pun menyebut kemungkinan ribuan kepala desa yang hadir dalam acara APDESI dan menyatakan akan deklarasi mendukung Jokowi Tiga Periode akan mendapatkan omelan dari warganya. 


Ini karena mereka belum tentu menyetujui wacana deklarasi Jokowi tiga periode.


"Demokrasi itu harusnya diurus berdasarkan prinsip partisipasi bukan mobilisasi. Nah, kalau ketahuan beginian nanti repot lagi tuh, pas pulang kepala desanya pasti diomelin sama anggotanya," ungkapnya. [Democrazy/hops]