-->

Breaking

logo

12 Maret 2022

Pertanyakan Hasil Kinerja Jokowi, Rizal Ramli: Lebih Baik Undur Diri Baik-baik, Kita Akan Terimakasih

Pertanyakan Hasil Kinerja Jokowi, Rizal Ramli: Lebih Baik Undur Diri Baik-baik, Kita Akan Terimakasih

Pertanyakan Hasil Kinerja Jokowi, Rizal Ramli: Lebih Baik Undur Diri Baik-baik, Kita Akan Terimakasih

DEMOCRAZY.ID - Ekonom senior Rizal Ramli terang-terangan meminta agar Presiden Joko Widodo lebih baik mundur dari jabatannya sebagai presiden dengan cara baik-baik. 


Menurutnya, semakin lama menjabat, Jokowi malah membuat rakyat susah. 


“Saya minta supaya Jokowi ngaca, supaya tahu diri, karena kinerjanya payah banget,” ujar Rizal Ramli melalui YouTube Refly Harun pada Sabtu 12 Maret 2022. 


Rizal Ramli kemudian mengulas beberapa alasannya ia meminta kepada Jokowi untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden.


“Kinerja soal ekonomi. Sebelum pandemi aja udah rusak, ini lebih rusak lagi. Kedua, dia bukan mengembangkan demokrasi, malah demokrasi jalan mundur,” jelas Rizal Ramli. 


Demokrasi, kata Rizal, telah jauh mengalami kemunduran di era Jokowi. 


Beberapa cirinya adalah kembalinya prilaku KKN dan otoritarianisme di lingkungan kekuasaan. 


Imbasnya, Jokowi kesulitan menghadapi perilaku korupsi.


“Yang ketiga, dia gagal untuk melawan korupsi. Faktanya dia bikin lemah KPK, orang-orang hukumannya pun makin rendah, dapat diskon semua. Yang keempat itu gagal meningkatkan kesejahteraan rakyat. Yang terakhir, gagal berangkatkan rakyat naik haji,” tegasnya. 


Rizal kemudian merinci tentang cara pemungutan pajak yang dilakukan di masa Jokowi. 


Menurutnya, pajak hanya menyesar kepada mereka yang berada pada golongan menengah ke bawah. 


“Itu kebijakan ekonominya, terutama pajak itu selalu memberatkan menengah ke bawah, pendidikan mau dipajakin, PPN buat pedagang kecil, tapi buat yang kaya, oligarki, dimudahkan semua. Royalti batu bara di nol-in, pengusaha dikasih bebas pajak 20 tahun, jadi nggak ada keberpihakan sama sekali,” kata Rizal Ramli.


Karena itu, dari semua masalah tersebut, Rizal mengingatkan agar Jokowi lebih baik mundur baik-baik dari jabatannya sebagai presiden. 


Sebab, rakyat hanya akan semakin susah bila terus dipimpin dengan model seperti itu. 


“Nah saya minta mas Jokowi, makin lama mas Jokowi di sana, beban rakyat biasa dan warisan buat siapa pun nanti, ini akan kompleks karena meninggalkan beban yang luar biasa. Jadi lebih baik undur diri, bae-bae kok, kita kan terimakasih,” tegasnya. [Democrazy/terkini]