-->

Breaking

logo

18 Maret 2022

PKS Sentil Megawati Kritik Emak-emak Suka Menggoreng: Itu Hak Warga!

PKS Sentil Megawati Kritik Emak-emak Suka Menggoreng: Itu Hak Warga!

PKS Sentil Megawati Kritik Emak-emak Suka Menggoreng: Itu Hak Warga!

DEMOCRAZY.ID - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengkritik pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyinggung warga antre minyak goreng buntut kelangkaan stok di pasaran dalam beberapa waktu terakhir.


Megawati dalam pernyataannya heran bukan karena minyak goreng langka atau mahal, tapi karena tak ada alternatif selain menggoreng.


Menurut dia, antrean panjang untuk mendapatkan minyak goreng memperlihatkan seolah tidak ada cara masak lain dalam mengelola bahan makanan, seperti merebus hingga mengukus.


Menanggapi hal itu, Mardani dengan nada sindiran memuji Mega soal alternatif memasak dengan merebus. 


Menurut dia, makanan yang direbus memang baik untuk kesehatan.


Namun menurut dia, kasus kelangkaan bukan soal kesehatan atau cara mengolah makanan. 


Mardani berujar, kelangkaan minyak goreng merupakan hak warga untuk mendapat kebutuhan hidupnya.


"Bab rebus bagus buat kesehatan. Tapi masalahnya bukan di kesehatan dan cara mengelola makanan. Ini hak warga untuk mendapatkan bahan kebutuhan hidupnya dengan harga yang terjangkau," kata Mardani, Jumat (18/3).


Menurut dia, negara telah gagal mengatasi kebutuhan dasar hidup warga dalam kasus kelangkaan minyak goreng dan pencabutan aturan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng.


Meski begitu, Mardani enggan berkomentar lebih lanjut soal pernyataan Megawati. 


Menurut dia, hal itu merupakan hak putri Presiden pertama Soekarno itu.


"Dan negara gagal mewujudkan itu. Janji tinggal janji. Dan terlihat oligarki sangat kuat," katanya.


Mega lebih lanjut dalam pernyataannya, mengingatkan makanan yang baik itu bukan hanya makanan yang dapat mengenyangkan, namun makanan yang mengandung gizi terutama bagi perkembangan anak. Megawati mengaku sampai mengelus dada melihat situasi itu.


"Saya tuh sampai ke ngelus dada, bukan urusan masalah enggak ada atau mahalnya minyak goreng. Saya itu sampai mikir, jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng? Sampai begitu rebutannya?" kata Megawati dalam webinar 'Mencegah Stunting untuk Generasi Emas' yang digelar Tribunnews, Kamis (17/3). [Democrazy/trb]