POLITIK

PKB: Usulan Penundaan Pemilu Adalah Aspirasi Masyarakat, Kami Hanya Meneruskan

DEMOCRAZY.ID
Maret 24, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
PKB: Usulan Penundaan Pemilu Adalah Aspirasi Masyarakat, Kami Hanya Meneruskan

PKB: Usulan Penundaan Pemilu Adalah Aspirasi Masyarakat, Kami Hanya Meneruskan

DEMOCRAZY.ID - Ketua DPR Puan Maharani berbicara tentang dugaan adanya pengaruh orang di lingkaran Presiden Jokowi terkait isu penundaan Pemilu 2024. 


PKB memahami apa yang disampaikan Puan tersebut karena sama-sama berada dalam posisi koalisi pemerintah.


"PKB paham posisi. Sebab, kita dalam satu perahu koalisi. Memiliki tanggung jawab bersama menjaga dan menyukseskan pemerintahan Pak Jokowi," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Rabu (23/3/2022).


Namun, menurut Jazilul, perbedaan pandangan partainya dengan yang lain terkait penundaan pemilu bisa dibicarakan jika dukungan rakyat makin kuat.


"Hemat kami, perbedaan pandangan terkait wacana penundaan pemilu pada saatnya pasti dibicarakan bersama jika dukungan rakyat makin kuat," ujarnya.


Jazilul menegaskan isu penundaan pemilu yang diusulkan PKB merupakan aspirasi rakyat, bukan aspirasi lingkaran Jokowi. Dia mengajak semua pihak berpikir positif.


"Ijtihad politik PKB terkait penundaan pemilu semata-mata meneruskan aspirasi sebagian masyarakat, bukan aspirasi dari lingkaran Pak Jokowi. Mari kita saling berpikir positif untuk kemajuan bersama," tuturnya.


Sebelumnya, Puan Maharani berbicara soal dugaan orang-orang di sekitar Presiden Jokowi mencoba mempengaruhi isu penundaan pemilu. Puan menyebut kemungkinan itu terbuka.


"Ya mungkin saja, bisa saja, karena ya mungkin dengan menunjukkan data, kemudian mengatakan Indonesia masih membutuhkan Pak Jokowi, kemudian Indonesia masih membutuhkan pemimpin yang sekarang dalam masa sulit seperti ini karena pandemi COVID-19 yang masih ada, dan lain-lain dan sebagainya, itu mungkin saja," kata Puan dalam wawancara bersama CNN Indonesia TV, seperti dikutip Rabu (23/3).


"Tidak mungkin seorang presiden itu sepertinya terkungkung sendiri, tidak punya teman, atau tidak punya lingkungan yang datang dari berbagai macam kalangan. Namanya lingkungan presiden itu pasti semuanya mau dekat presiden dan semuanya bisa memberikan masukan atau kemudian memberikan data atau hal-hal yang menurut yang bersangkutan itu akan mempengaruhi presiden," imbuh Puan.


Puan yakin Jokowi merupakan sosok yang punya pendirian. Dia yakin Jokowi akan menjaga perasaan dan harapan rakyat.


"Yang bisa saya sampaikan adalah saya meyakini bahwa Presiden Jokowi itu pasti mempunyai keteguhan hati untuk bisa menjaga apa yang menjadi amanah dan amanat rakyat Indonesia," ujar Puan. [Democrazy/dtk]

Penulis blog