-->

Breaking

logo

01 Maret 2022

Kesabaran Jokowi Sudah Habis: 400 Tahun RI Ekspor Mentahan, Hentikan!

Kesabaran Jokowi Sudah Habis: 400 Tahun RI Ekspor Mentahan, Hentikan!

Kesabaran Jokowi Sudah Habis: 400 Tahun RI Ekspor Mentahan, Hentikan!

DEMOCRAZY.ID - Kesabaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya sudah tak tertahankan. Jokowi kesal lantaran Indonesia kerap mengekspor bahan mentah.


Dalam Rapat Pimpinan Nasional TNI-Polri, Jokowi menyebut bahwa sejak zaman 'kompeni', Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara pengekspor bahan mentah.


"Sejak zaman VOC, 400 tahun lalu kita mengirim bahan mentah, yang kita kirim bahan mentah sampai sekarang juga mentah. Itu kita harus setop, setop, setop," tegas Jokowi dengan nada yang sedikit meninggi, Selasa (1/3/2022).


Jokowi mengakui bahwa ekspor bahan mentah tidak memberikan nilai tambah bagi perekonomian.


"Baik itu nikel, tembaga, komoditas perkebunan, enggak. Kita enggak dapat apa-apa. Kita harus mendapatkan nilai tambah," jelasnya.


Pada 2020 lalu, pemerintah telah memastikan menyetop ekspor nikel. Jokowi menginginkan agar komoditas tersebut diolah dan dimanfaatkan untuk kepentingan industri nasional.


"Nilai tambah itu apa? Terbuka lapangan pekerjaan yang gede di Indonesia, pajaknya bayar di Indonesia, bea keluar bayar di Indonesia, PPN bayar di Indonesia, PNBP ada di Indonesia," katanya.


"Kita sudah 400 tahun lebih tidak memiliki keberanian untuk melangkah ke sana, ini yang namanya transformasi ekonomi," kata Jokowi. [Democrazy/cnbc]


Sumber: CNBC