EDUKASI

Jadi Polemik, Nadiem-Yaqut Akhirnya Buka Suara Soal Hilangnya 'Madrasah' di RUU Sisdiknas

DEMOCRAZY.ID
Maret 30, 2022
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
Jadi Polemik, Nadiem-Yaqut Akhirnya Buka Suara Soal Hilangnya 'Madrasah' di RUU Sisdiknas

Jadi Polemik, Nadiem-Yaqut Akhirnya Buka Suara Soal Hilangnya 'Madrasah' di RUU Sisdiknas

DEMOCRAZY.ID - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengklarifikasi isu polemik soal tidak disebutnya 'madrasah' dalam draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 


Bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dia menjelaskan isu ini.


Nadiem mengatakan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dalam menentukan program pendidikan, termasuk dalam proses revisi RUU Sisdiknas.


"Kemendikbudristek selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan Kementerian Agama terkait berbagai upaya dan program-program peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengedepankan gotong-royong dan inklusif. Semangat tersebut juga kami bawa ke dalam proses revisi RUU Sisdiknas," kata Nadiem melalui video yang diunggah di Instagram resminya, Rabu (30/3/2022).


Nadiem menegaskan tidak pernah ada niat menghapus 'madrasah' dari Sisdiknas.


"Sedari awal tidak ada keinginan ataupun rencana untuk menghapus sekolah, madrasah atau bentuk-bentuk satuan pendidikan lain dari sistem pendidikan nasional. Sebuah hal yang tidak masuk akal dan tidak pernah terbersit sekalipun di benak kami," tegasnya.


Madrasah tetap masuk Sisdiknas dan diatur melalui batang tubuh RUU Sisdiknas. 


Dia mengatakan penamaan spesifik jenis sekolah akan dipaparkan di bagian penjelasan agar tidak terikat di tingkat UU sehingga lebih fleksibel.


"Sekolah maupun madrasah secara substansi tetap menjadi bagian dari jalur-jalur pendidikan yang diatur dalam batang tubuh RUU Sisdiknas. Namun penamaan secara spesifik seperti SDN, MI, SMP dan MTs atau SMA, SMK dan MA akan dipaparkan di bagian penjelasan," ucapnya


Nadiem menyampaikan ada 4 hal pokok yang diformulasikan dalam RUU Sisdiknas, yakni:


1. Kebijakan standar pendidikan yang mengakomodasi keragaman antara daerah dan inovasi.

2. Kebijakan wajib belajar dilengkapi dengan kebijakan hak belajar.

3. Kebijakan penataan profesi guru agar semakin inklusif dan profesional.

4. Kebijakan peningkatan otonomi serta perbaikan tata kelola pendidikan tinggi.


Menag Yaqut Yakin RUU Sisdiknas Tingkatkan Sistem-Kualitas Pendidikan


Sementara itu, dalam video yang sama, Menag Yaqut Cholil Qoumas ikut buka suara soal polemik RUU Sisdiknas. 


Senada dengan Nadiem, Menag Yaqut juga mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kemendikbudristek selama proses revisi RUU Sisdiknas berjalan.


"Menyambung pernyataan Mas Menteri tadi bahwa benar di Kementerian Agama selalu berkomunikasi dan berkoordinasi secara erat dengan Kemendikbudristek sejak awal proses revisi RUU Sisdiknas," ujar Yaqut.


Yaqut menuturkan eksistensi pesantren dan madrasah meningkat sejak RUU Sisdiknas dihadirkan. 


Dia menyebut madrasah hingga pesantren masuk batang tubuh dan pasal-pasal dalam RUU Sisdiknas.


"Sampai saat ini RUU Sisdiknas telah memberikan perhatian kuat terhadap eksistensi Pesantren dan Madrasah, nomenklatur madrasah dan pesantren juga masuk dalam batang tubuh dan pasal-pasal RUU Sisdiknas," kata Yaqut


"Saya yakin dengan mengusung kemerdekaan dan fleksibilitas dalam RUU Sisdiknas untuk pembelajaran untuk seluruh peserta didik di Indonesia akan meningkat dan kualitas sistem kita akan semakin membaik di masa depan," imbuhnya. [Democrazy/detik]

Penulis blog