Dukung Jokowi 3 Periode, Asosiasi Kepala Desa: Pembina Kami Pak Luhut! - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Dukung Jokowi 3 Periode, Asosiasi Kepala Desa: Pembina Kami Pak Luhut!

Dukung Jokowi 3 Periode, Asosiasi Kepala Desa: Pembina Kami Pak Luhut!

Dukung Jokowi 3 Periode, Asosiasi Kepala Desa: Pembina Kami Pak Luhut!

DEMOCRAZY.ID - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) berencana deklarasi serentak mendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode usai lebaran nanti.


APDESI yang diurus oleh kepala desa aktif ini mengaku sejumlah menteri berada di struktur organisasi, salah satunya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


"Kalau ketua dewan pembina kan kita, anu, Pak Luhut, mau tarik-tarik ke mana terserah lah ya," kata Ketua Majelis Pembina Organisasi APDESI Muhammad Asri Anas seraya tertawa, saat ditemui usai acara, Selasa, 29 Maret 2022.


Lalu, ada juga dua penasehat organisasi, yaitu Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.


Tempo mengkonfirmasi jabatan Luhut sebagai Ketua Dewan Pembina di APDESI ini kepada juru bicara Menko Kemaritiman Jodi Mahardi. 


Hingga berita ini diturunkan, belum ada respons yang diberikan.


Akan tetapi, Anas berkali-kali membantah kalau ada arahan dan perintah dari Luhut untuk mendeklarasikan Jokowi 3 periode. 


"Gak ada, hanya membangun desa," kata Anas yang tercatat menjadi Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat pada 2020 ini, saat ditanya mengenai pesan Luhut ke APDESI.


Luhut sebelumnya ikut disorot dalam pusaran isu perpanjangan masa jabatan presiden. 


Penyebannya karena Luhut mengklaim 110 juta orang mendukung penundaan Pemilu 2024.


Akan tetapi, Anas menyebut dukungan Jokowi 3 periode sebenarnya muncul karena aspirasi dari kepala desa mulai diterima oleh kepala negara ini. 


Ada lima aspirasi yang dibawa mereka, dari perubahan sistem gaji sekali tiga bulan bukan menjadi tiap bulan sampai penyederhanaan pelaporan Sistem Pertanggungjawaban atau SPJ.


"Jujur saja, lima aspirasi itu sudah empat tahun kami perjuangkan, tidak ada satupun menteri yang serius menanggapi," kata dia. 


Baru sekarang, kata dia, mulai ada respon dari pemerintah.


Sebaliknya, Anas mengklaim dukungan Jokowi 3 periode murni aspirasi internal. 


Ia bahkan bertanya siapa yang bisa memerintahkan kepala desa untuk memberikan dukungan ini. 


"Presiden saja kami demo kemarin, saya juga yang nyuruh mereka demo," kata Anas, merujuk pada demo yang digelar APDESI pada 16 Desember 2021 lalu di Jakarta.


Setali tiga uang, Ketua Umum APDESI Surta Wijaya juga membantah ada arahan dari Luhut. 


"Dia ngelarang malah, ketemu aja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu," kata dia menceritakan ucapan Luhut, saat ditemui selepas acara.


Tak hanya deklarasi yang batal, tapi juga rencana Surta untuk menyuarakan Jokowi 3 periode saat berpidato. tempo


Udah saya ga berani ngomong, tadi saya udah mau teriak 3 periode, dilarang semua," kata dia.


Ia juga menyampaikan bahwa dukungan Jokowi 3 periode murni dari aspirasi internal karena merasa tuntutan mereka diterima oleh presiden. 


"Sekarang giliran aku belain dia (Jokowi), kenapa? timbal balik dong," ujarnya. [Democrazy/tempo]

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: