-->

Breaking

logo

01 Maret 2022

Demo di Makassar, Gabungan Ormas Islam Tuntut Menag Yaqut Dicopot

Demo di Makassar, Gabungan Ormas Islam Tuntut Menag Yaqut Dicopot

Demo di Makassar, Gabungan Ormas Islam Tuntut Menag Yaqut Dicopot

DEMOCRAZY.ID - Sejumlah lembaga Islam menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Selatan, Kota Makassar, Selasa, 1 Maret 2022. 


Mereka demo menuntut agar Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qaumas dicopot dari jabatannya Dalam demo ini, peserta aksi juga menyertakan kalangan emak-emak. 


Saat orasi, perwakilan  Ahmad Firdaus dari perwakilan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, menilai pernyataan Yaqut yang diduga membandingkan suara azan dan gonggongan anjing bisa terjerat pasal penistaan agama.


Maka itu, ia mendesak kepolisian agar segera menindaklanjuti laporan masyarakat terhadap Yaqut untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. 


Dia bilang Yaqut telah membuat kegaduhan dan keresahan di tengah masyarakat. 


“Kami juga meminta kepada Presiden Joko Widodo agar segera memecat Menteri Agama,” kata Firdaus. 


Selain GNPF-Ulama, sejumlah lembaga yang tergabung dalam Aliansi Penjaga Aqidah Islam (API) Kota Makassar tersebut yakni Front Persaudaraan Islam (FPI) Makassar dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 juga turut demo. 


Peserta aksi membawa sejumlah poster bergambar Yaqut dengan kalimat bertuliskan tuntutan pencopotan Yaqut. [Democrazy/viva]