-->

Breaking

logo

26 Februari 2022

Saran Pengamat: Dengan Melepas Menag Yaqut, Nama Baik Presiden Akan Terjaga

Saran Pengamat: Dengan Melepas Menag Yaqut, Nama Baik Presiden Akan Terjaga

Saran Pengamat: Dengan Melepas Menag Yaqut, Nama Baik Presiden Akan Terjaga

DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menyarankan Presiden Jokowi mencopot Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk menjaga nama baiknya dan menggantinya dengan tokoh lain.


Dedi ikut menanggapi desakan berbagai pihak yang berharap Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama.


Adapun Menag Yaqut kini tengah jadi sorotan publik karena pernyataannya terkait pengeras suara azan di masjid yang telah menimbulkan kontroversi.


Dedi mengatakan publik juga menilai kinerja Kementerian Agama di bawah pimpinan Yaqut masih belum baik.


Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu menilai, desakan publik tersebut adalah bentuk perhatian terhadap kinerja Kementerian Agama.


“Presiden perlu menjaga nama baik, dengan melepas Menag dan segera mencari tokoh pengganti,” jelas Dedi.


“Sebenarnya tidak ada alasan kuat mempertahankan Menag, bukan kali ini saja membuat relasi umat terganggu,” kata Dedi lagi, Sabtu (26/2).


Sementara Anggota DPD Sudirman mengatakan kontroversi yang dilakukan oleh menteri agama telah menimbulkan keresahan dan resistensi umat muslim kepada pemerintah, khususnya Kementerian Agama.


Seharusnya, menurutnya, Menteri Yaqut lebih baik mengundurkan diri dari jabatannya karena telah menimbulkan kekisruhan serta keresahan di kalangan umat.


“Saya menyarankan Yaqut Cholil Qoumas lebih baik mundur dari jabatannya sebagai menteri agama. Ini akan lebih terhormat daripada nanti diberhentikan secara tidak hormat,” kata Sudirman di Banda Aceh, Jumat (25/2). [Democrazy/pojok]