Telepon Jokowi, Presiden China Xi Jinping Ingin 'Lebih Dekat' dengan RI | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News -->

Breaking

logo

Rabu, 12 Januari 2022

Telepon Jokowi, Presiden China Xi Jinping Ingin 'Lebih Dekat' dengan RI

Telepon Jokowi, Presiden China Xi Jinping Ingin 'Lebih Dekat' dengan RI

Telepon Jokowi, Presiden China Xi Jinping Ingin 'Lebih Dekat' dengan RI

DEMOCRAZY.ID - Presiden Xi Jinping menyerukan China dan Indonesia terus saling saling bahu-membahu memerangi pandemi Covid-19. 


Hal itu disampaikan Xi saat menelepon langsung Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/1).


Dalam sambungan telepon itu, Xi juga menegaskan China akan terus membantu Indonesia merealisasikan cita-cita sebagai hub produksi vaksin regional.


Xi memaparkan China ingin memperdalam kerja sama dengan Indonesia di seluruh rantai industri dalam upaya memberantas Covid-19, mulai dari produksi vaksin hingga penelitian dan pengembangan obat-obatan.


Pemimpin Partai Komunis China itu juga mengatakan hubungan Beijing dengan Jakarta terus menguat.


Xi menganggap China dan Indonesia merupakan dua negara berkembang yang memiliki tujuan yang sama, yaitu memaksimalkan pembangunan demi kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya.


Selain masalah pandemi, Xi juga menyampaikan permintaan agar Presiden Jokowi menyelaraskan pembangunan nasional dengan inisiatif Belt and Road Initiative (BRI) buatannya terutama soal energi baru, ekonomi digital, dan kerja sama maritim.


Dikutip The Straits Times, Xi mengatakan, China akan secara aktif berpartisipasi dalam segala hal yang dapat membantu mendorong pembangunan Indonesia dan memperdalam kerja sama China dan Indonesia.


Selain itu, ia juga mengatakan bahwa China bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk mempromosikan pemulihan ekonomi dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional.


Presiden Xi mengatakan China juga akan menjunjung tinggi multilateralisme, menerapkan Inisiatif Pembangunan Global, menjaga kepentingan ekonomi pasar dan negara berkembang, serta berkontribusi pada pembangunan ekonomi global dan peningkatan tata kelola ekonomi global.


Dalam kesempatan yang sama, Jokowi disebut menyambut baik niat Xi mempererat kerja sama RI-China dengan mengatakan kesepakatan kedua negara ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam kesehatan dan kerja sama publik.


Jokowi juga membanggakan 80 persen vaksin di Indonesia merupakan vaksin buatan China. 


Ia juga menambahkan bahwa hubungan baik antara Indonesia dan China ini didasarkan pada rasa saling menghormati sekaligus kerjasama yang saling menguntungkan.


Jokowi juga memaparkan Indonesia membuka pintu bagi perusahaan China untuk terus berinvestasi di Indonesia. 


Ia juga berharap agar Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing berjalan lancar.


Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah membenarkan komunikasi antara kedua pemimpin negara tersebut. [Democrazy/cnn]