POLITIK

Jokowi Tetapkan Nama Ibu Kota Negara Baru 'Nusantara', Rocky Gerung: Kebijakan Konyol!

DEMOCRAZY.ID
Januari 18, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jokowi Tetapkan Nama Ibu Kota Negara Baru 'Nusantara', Rocky Gerung: Kebijakan Konyol!

Jokowi Tetapkan Nama Ibu Kota Negara Baru 'Nusantara', Rocky Gerung: Kebijakan Konyol!

DEMOCRAZY.ID - Akadmisi Rocky Gerung mengkritik kebijakan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) yang memindahkan ibu kota Negara baru bernama “Nusantara”.


Menurut Rocky Gerung, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur saat di Indonesia sendiri masih diterjang oleh pandemi Covid-19 merupakan langkah konyol.


Hal tersebut disampaikannya dalam sebuah video di kanal YouTube Rocky Gerung Official berjudul “JAUH BANGET! JANGAN BANDINGKAN IQ GIRING DENGAN ANIES” yang diunggah pada Selasa (18/1/2022).


“Tapi sekali lagi ini kebijakan yang agak konyol. Ditengah pandemi dalam upaya kita untuk bersiap-siap dengan ketegangan di Asia Pasifik dan China Selatan kita justru buang-buang ibu kota sebagai monument yang dimaksudkan sebagai pencitraan saja,” kata Rocky Gerung.


Selain itu Rocky Gerung juga menganggap harusnya Jokowi bisa berpikir jangka panjang mengenai proyek pemindahan ibu kota Negara.


Dengan memindahkan ibu kota Negara ke wilayah baru, pastinya akan membebani presiden baru di tahun 2024 mendatang.


Bahkan ada kemungkinan presiden baru nantinya bisa menggagalkan proyek pemindahan ibu kota Negara karena sudah sangking jengkelnya.


“Jadi banyak jebakan di situ, bayangkan kalau ada presiden baru dia anggap wah ini beban gue biarin gue pamerin itu sebagai kedunguan dan kebijakan Presiden Jokowi,” tuturnya.


“Lalu orang akan ingat Presiden Jokowi adalah yang memangkrakkan ibu kota itu kan buruk, karena enggak ada kalkulasi yang rasional,” sambungnya.


Mantan dosen di Universitas Indonesia (UI) itu menuturkan kalau seharusnya pemerintah saat ingin membangun sesuatu harus melihat dari atas atau secara konseptual terlebih dahulu.


Jika hanya membangun karena adanya ambisi, maka hanya akan menghasilkan warisan yang diolok-olok publik nantinya.


Rocky Gerung juga mempertanyakan mengapa ibu kota Negara baru dinamai “Nusantara” dan bukan nama dari salah satu pahlawan Indonesia.


“Nama aja Nusantara, apa enggak ada nama lain? Menghormati Bung Karno misalnya ‘Soekarnokarta’ misalnya ya kan. Atau sekaligus saja ‘Jokowikarta’ jadi diingat itu adalah Kota Jokowi supaya dipadankan dengan ibu kota lama Jakarta.” pungkasnya.


Sebelumnya Nusantara telah dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjadi nama Ibu Kota Negara (IKN) di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan, Jokowi telah menyampaikan nama Ibu Kota Negara, Nusantara pada Jumat, 14 Januari lalu.


Pemilihan nama Nusantara, karena nama tersebut sudah dikenal sejak dulu dan menjadi ikonik dunia internasional. [Democrazy/fin]

Penulis blog