Dulu Jokowi Bilang Provinsi Padang dan Kini Budiman Sudjatmiko Tulis Maros di Sulawesi Tengah, Unik Ya? | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News -->

Breaking

logo

Selasa, 11 Januari 2022

Dulu Jokowi Bilang Provinsi Padang dan Kini Budiman Sudjatmiko Tulis Maros di Sulawesi Tengah, Unik Ya?

Dulu Jokowi Bilang Provinsi Padang dan Kini Budiman Sudjatmiko Tulis Maros di Sulawesi Tengah, Unik Ya?

Dulu Jokowi Bilang Provinsi Padang dan Kini Budiman Sudjatmiko Tulis Maros di Sulawesi Tengah, Unik Ya?

DEMOCRAZY.ID - Kemarin, kader PDIP Budiman Sudjatmiko menghebohkan jagat maya usai menulis Maros berada di Sulawesi Tengah. 


Kekeliruan ini bisa dicatat sembari mengingat momen Jokowi 'keseleo lidah'.


Keseleo lidah tersebut memang unik. Sebab Jokowi, yang notabene Presiden Indonesia, menyebut Kota Padang sebagai Provinsi Padang.


Hal itu ia sebut dalam memberi sambutan sewaktu dirinya meninjau pembangunan Tol Trans Sumatera, ruas Pekanbaru-Bangkinang.


Bagi yang ingin mendengar pernyataan Jokowi soal provinsi Padang, bisa melihat videonya di akun YouTube Sekretariat Presiden, yang diunggah pada Rabu (19/5/2021).


Untuk diketahui, Jokowi mengatakan pembangunan tol tersebut sudah berjalan kurang-lebih 40 km.


"Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat progres perkembangan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di ruas Dumai-Pekanbaru dan berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang, sudah berjalan kurang-lebih 40 km dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang," kata Jokowi.


"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada baik yang ada di Provinsi Riau dan Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka dalam bersaing dengan produk-produk negara lain," ujar Jokowi.


Saat mendengar itu, tentu saja, netizen pun ramai menghujat. Saat heboh, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, langsung meluruskan pernyataan Jokowi. 


"Tol tersebut menuju arah Kota Padang nantinya."


"Ya Provinsi Sumbar, Kota Padang. Provinsi Sumbar, di mana tolnya dari Pekanbaru menuju sampai Kota Padang," lanjut Heru menjelaskan maksud pernyataan Jokowi.


Budiman Sudjatmiko


Seperti pembahasan awal di atas, aktivis dan politisi PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko, juga 'keseleo jari'. Ia menulis Kabupaten Maros berada di Sulawesi Tengah.


Saat itu, di Twitter-nya, ia sedang membalas cuitan seseorang terkait kebudayaan nusantara.


"Ada yang claim bahwa hanya budaya dan agama impor dari Timur Tengah yang membudayakan Nusantara. Budaya sebelumnya dianggap tidak ada. Nusantara sebelum ada budaya Timur Tengah hidup di gua, telanjang, dan menembah pohon. Itu benar kah?" tulis @agussari.


Tak lama, Budiman Sudjatmiko pun membalas.


"Yg jelas 40 ribu tahun lalu saat SELURUH SAPIENS DI DUNIA MASIH TINGGAL DI GUA2 ...hanya sapiens2 di (sekarang) Maros Sulawesi Tengah sdh buat lukisan di gua tsb. Lukisan (gua) tertua di dunia! Kurang berbudaya apa coba?" cuit Budiman.


Tak lama, Budiman langsung dihujat oleh netizen. Terang saja, sebab Kabupaten Maros sendiri berada di Provinsi Sulawesi Selatan, tak seperti klaim Budiman.


Tak lama, setelah hujatan mengarah kepada Budiman, sang aktivis yang kerap kali menggaungkan kemajuan teknologi langsung meralat cuitannya.


"Koreksi: Maros di Sulawesi Selatan," tandas Budiman Sudjatmiko. Sebelumnya, Budiman juga memamerkan kesalahan tulisan spanduk 'Sillicon Valley' yang seharusnya cuma satu huruf L saja, yakni Silicon Valley. [Democrazy/era]