-->

Breaking

logo

13 Desember 2021

Relawan Puan Maharani: Deklarasi Capres Itu Memang Harus Jauh-jauh Hari!

Relawan Puan Maharani: Deklarasi Capres Itu Memang Harus Jauh-jauh Hari!

Relawan Puan Maharani: Deklarasi Capres Itu Memang Harus Jauh-jauh Hari!

DEMOCRAZY.ID - Ketua Harian Relawan Puan Maharani (RPM) Lenny Handayani sepakat dengan wacana agar partai-partai politik mendeklarasikan koalisi dan calon presiden lebih awal. 


Hal itu agar tidak seperti membeli kucing dalam karung.


"Perlu nggak sih dari jauh-jauh hari, menurut saya memang sebaiknya dari jauh-jauh hari, tapi kembali lagi partai masing-masing," kata Lenny dalam keterangan persnya, Senin (13/12).


Lenny menuturkan setiap partai memiliki aturan atau kebijakan masing-masing. Seperti PDIP yang dulu dalam menetapkan capres menunggu sampai detik-detik terakhir. 


"Jika untuk melihat kualitas supaya masyarakat tidak membeli kucing dalam karung sebaiknya jauh-jauh hari tapi kembali kebijakan partai masing-masing," tegasnya.


Dia melanjutkan partai lain mungkin sudah ada yang mendeklarasikan ketua umumnya sebagai capres, namun PDIP belum. 


Nah, tugas mereka sebagai relawan adalah memberikan informasi, edukasi, pengetahuan semuanya tentang Puan Maharani.


"Ketika ibu Puan ditunjuk jadi capres, maka masyarakat tidak membeli kucing dalam karung karena kami sudah memberikan informasi, berbagai kelebihan beliau," katanya lagi.


Meski demikian, Lenny berharap PDIP pada akhirnya memutuskan Puan sebagai capres. 


Karena menurutnya, Ketua DPR tersebut merupakan salah satu kader terbaik partai dan layak menggantikan Presiden Jokowi.


"Kami tidak memaksa partai, bu Puan nih jadi capres, kami hanya berharap bu Puan jadi capres dari PDIP," tuturnya.


Sebelumnya, pendiri Cyrus Network, Hasan Nasbi, mengungkap faktor yang dapat mengubah peta dukungan capres yaitu koalisi lebih awal antar partai politik dan penentuan calon lebih awal. 


"Kalau sudah bungkus (kepastian koalisi dan calonnya) saya yakin orang akan melihat ooh ini yang sudah punya tiket," ujar Hasan.


Namun elit politik kerap menginginkan calon ditentukan di akhir-akhir. Alasannya karena di akhir makin tinggi harga negonya. 


"Padahal publik menginginkan jauh-jauh hari," kata Hasan.


Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga mendorong partai-partai politik berkoalisi dan mendeklarasikan calon presiden di awal bukan di menit-menit terakhir pendaftaran ke KPU seperti yang biasa terjadi. 


Tujuannya untuk membuat masyarakat lebih memahami para calon pemimpinnya.


“Saya setuju parpol melakukan koalisi dan penjajakan jauh-jauh hari. Sehingga tidak membeli kucing dalam karung,” katanya. [Democrazy/rep]