Jadi Ancaman Pertahanan Indonesia, China Disebut Tahu 'Kelemahan' Jokowi | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News -->

Breaking

logo

Jumat, 03 Desember 2021

Jadi Ancaman Pertahanan Indonesia, China Disebut Tahu 'Kelemahan' Jokowi

Jadi Ancaman Pertahanan Indonesia, China Disebut Tahu 'Kelemahan' Jokowi

Jadi Ancaman Pertahanan Indonesia, China Disebut Tahu 'Kelemahan' Jokowi

DEMOCRAZY.ID - China disebut telah mengetahui kelemahan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuat negara berjuluk Tirai Bambu itu berani untuk memberikan ancaman kepada Indonesia.


China mendesak Indonesia untuk menghentikan aktivitas pengeboran minyak bumi di Laut Natuna Utara denganklai bahwa aktivitas yang tersebut berada di teritorinya.


Dilansir dari YouTube Rocky Gerung, ia menyebutkan jika ancaman China kepada Indonesia berkaitan dengan dibacanya kekuatan militer dalam negeri.


"Intelijen China bekerja lebih cepat, sebetulnya mereka tahu Indonesia belum dapat lampu hijau dari Amerika Serikat untuk membeli senjata," kata Rocky Gerung.


Saat ini, selain persoalan perebutan wilayah, ada konflik lain yaitu mengenai intervensi militer.


Sebelumnya, Indonesia mengadakan latihan militer dengan tentara AS dan menuai protes China.


"China tahu kalau Indonesia itu lemah, jadi diancam secara kuat dengan terang-terangan mengatakan ingin menguasai energi melalui desakan tersebut dan protes mengenai latihan bersama antara tentara Indonesia dengan AS," ujar Rocky Gerung.


Ditambahkan oleh Rocky, pemikiran China tidak hanya sampai pada intervensi militer terhadap Indonesia, tetapi negara yang dipimpin Xi Jinping itu tahu kelemahan kabinet Jokowi.


"Dia tahu bahwa ada saling sikut kabinet dan itu menjadi nilai plus China untuk meningkatkan ancaman. Jadi China memantau banyak detail dari masalah politik kita dan kita enggek punya kemampuan untuk tegas ke China sehingga China terus masuk," tutur Rocky. [Democrazy/pkry]