Gus Yahya: Isu Israel Hanya Gimmick Muktamar! | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News -->

Breaking

logo

Kamis, 30 Desember 2021

Gus Yahya: Isu Israel Hanya Gimmick Muktamar!

Gus Yahya: Isu Israel Hanya Gimmick Muktamar!

Gus Yahya: Isu Israel Hanya Gimmick Muktamar!

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menanggapi santai soal tudingan miring soal kedekatannya dengan Israel. 


Menurutnya, tudingan itu kembali ramai diperbincangkan hanyalah gimmick gelaran Muktamar ke-34 PBNU. 


"Kalau soal isu-isu Israel ini kan diangkat memang sebagai gimmick dalam muktamar saja," tutur pria yang karib disapa Gus Yahya saat berbincang di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (30/12/2021). 


Dia menjelaskan, sejak isu itu pertama kali muncul di Tahun 2018, dirinya sudah beberapa menjelaskan. 


Dia memastikan, permasalahan antara Israel-Palestina tak akan dimasukinya jika sudah menyentuh ranah politik. 


"Ini kan soal lama, sudah dari tahun 2018, saya sudah berbusa-busa ngomong sejak waktu itu. Saya tidak mau masuk ke dalan ranah politik, saya ingin bicara dimensi agama dari problem-nya," katanya. 


Dia menilai, akar dari sentimen masalah yang terjadi antara Israel-Palestina israel ini adalah soal agama. Dimana, kedua agama saling mengutarakan kebencian.


"Bahkan orang Indonesia ini yang mungkin kenal seorang Yahudi pun tidak ikut-ikut membenci Yahudi krn alasan agama. Karena ya alasan kalau membenci yahudi itu dapat pahala, kalau enggak membenci yahudi kafir, ada mindset seperti itu," ujarnya.


"Begitu pula sebaliknya, ada kalangan yahudi yang merasa ras mereka yang paling (tinggi), kalau yang lain adalah ras manusia yang di bawahnya. Masalah masalah ini yang saya masuk di dalamnya," imbuhnya. 


Dia menjelaskan, telah banyak berkomunikasi dengan pemimpin-pemimpin dari beragam agama, seperti Yahudi, Kristen soal permasalahan teologi masing-masing agama. 


Menurut dia, seluruh umat beragama harus memiliki fungsi untuk mendorong harmonisasi peradaban. 


Sebagai informasi, Gus Yahya waktu menjadi sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pernah hadir dalam konferensi tahunan Forum Global AJC (Komite Yahudi Amerika). Kegaiatan itu digelar di Yerusalem, dari 10 hingga 13 Juni 2018. [Democrazy/oke]