HUKUM

Tegaskan Pemerintah Hadir di Perbatasan, Mahfud MD: Pengganggu Kedaulatan Akan Kami Buat Mundur!

DEMOCRAZY.ID
November 24, 2021
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Tegaskan Pemerintah Hadir di Perbatasan, Mahfud MD: Pengganggu Kedaulatan Akan Kami Buat Mundur!

Tegaskan Pemerintah Hadir di Perbatasan, Mahfud MD: Pengganggu Kedaulatan Akan Kami Buat Mundur!

DEMOCRAZY.ID - Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan kehadiran negara dalam menjaga perbatasan wilayah. Pemerintah terus melakukan penguatan dari dalam terkait gangguan di laut Natuna atau laut China Selatan. 


Penguatan yang dimaksud Mahfud antara lain dengan cara memperkuat pertahanan di laut, darat dan udara. 


Lalu ikut mengatur pemangku kepentingan kelautan dalam menangani gangguan yang muncul dari luar.  


"Awal tahun 2020, ketika kapal-kapal China dengan sangat provokatif, kita datang ke sini, Presiden ke sini, saya ke sini, lalu kita katakan ini wilayah kita. Jadi mengerikan bagi mereka bahwa kita ada. Maka mereka semua mundur," ujar Mahfud di atas Kapal KRI Semarang saat perjalanan menuju Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (23/11/2021). 


Mahfud memastikan Pemerintah telah mengidentifikasi gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. 


Selain melakukan penguatan dari dalam, Pemerintah juga melakukan pengaturan kepada pemangku kepentingan di bidang kelautan. 


"Stakeholder kelautan diatur sedemikian rupa, kalau menangani pencuri bagaimana, menangani kapal  mata mata bagaimana, menghadapi penyelundup, perkuatan di dalamnya tinggal disinergikan," katanya.  


Selain memperkuat kekuatan pertahanan dan keamanan dari dalam, Mahfud menjelaskan bahwa pemerintah juga akan meningkatkan pembangunan yang bersifat multi dimensi. 


Adapun caranya dengan meningkatkan sosial ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan.


"Bukan hanya pembangunan kekuatan aparat penegak hukum pertahanan dan keamanan di laut, tapi lebih dari itu. Presiden mengatakan, misalnya, berapapun kita sediakan senjata, tentara, polisi di sana, namun kalau di bidang sosial ekonomi tidak dibangun, ya tidak akan efektif menjaga negara," jelasnya. 


Oleh karenanya, sesuai dengan pesan Presiden, penjagaan di perbatasan akan terus dilakukan dengan melakukan pengawasan dan juga patroli. 


"Karena kalau ekonomi di laut Natuna itu hidup, maka keutuhan kita menjadi terjaga," pungkasnya. [Democrazy/oke]

Penulis blog