POLITIK

Sebut Ganjar Pranowo Marhaenis Sejati, Relawan: Beliau Paham Konsep Trisakti Bung Karno

DEMOCRAZY.ID
November 10, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Sebut Ganjar Pranowo Marhaenis Sejati, Relawan: Beliau Paham Konsep Trisakti Bung Karno

Sebut Ganjar Pranowo Marhaenis Sejati, Relawan: Beliau Paham Konsep Trisakti Bung Karno

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Garda Relawan Indonesia Semesta (GARIS), Gatotkoco Suroso menilai bahwa sosok marhaenis sejat cocok disematkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


GARIS yang mendukung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 juga mengatakan bahwa Ganjar memahami konsep Trisakti Bung Karno.


Hal tersebut Gatotkoco sampaikan dalam acara deklarasi bertajuk "Deklarasi Nasional Ganjar RI Satu" di Hotel Amaris, Jakarta, Rabu, 10 November 2021.


"Dia (Ganjar Pranowo) seorang marhaenis sejat dan memahami konsep Trisakti Bung Karno," katanya.


Marhaenisme, kata dia, merupakan ideologi yang diusung Presiden Soekarno untuk menentang pendindasan terhadap kaum proletar, yaitu petani, buruh, dan nelayan yang kerap dilakukan oleh kaum borjuis atau kapitalis dan penganut marhaenisme disebut marhaneis.


Adapun konsep Trisakti yang dirumuskan oleh Bung Karno adalah keadaan suatu bangsa yang berdaulat dalam politikm berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan sebagai bentu revolusi.


Lebih lanjut, kata Gatot, salah satu langkah penting yang dapat dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mewujudkan konsep Trisakti tersebut adalah memilik sosok pemimpin yang berjiwa kuat.


Dari sosok itulah bersama dengan bantuan segenap bangsa Indonesia, negara ini akan dituntun untuk lebih mandiri dan maju.


Sosok Ganjar Pranowo, menurut amatan GARIS, merupakan marhaenis sejati yang memahami konsep Trisakti Bung Karno.


"Maka, GARIS memutuskan mendukung Bapak Ganjar Pranowo sbeagai calon Presiden 2024," ucap Gatotkoco Suroso.


GARIS menyatakan akan membuka diri bagi berbagai relawan lain yang bermisi serupa untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.


Gatot pun menekankan ke depannya GARIS akan mengawal kinerja Ganjar agar tetap mencerminkan sikap seorang marhaenis.


Ia pun menegaskan dukungan yang diberikan tidak melibatkan komunikasi dengan Ganjar Pranowo ataupun partai-partai politik, tetapi menjadi inisiatif GARIS. [Democrazy/pkry]

Penulis blog