HEALTH

Luhut Menolak Tarik Sahamnya dari PT GSI: 'Itu Biar Saja Jadi Proyek Kemanusiaan'

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HEALTH
Luhut Menolak Tarik Sahamnya dari PT GSI: 'Itu Biar Saja Jadi Proyek Kemanusiaan'

Luhut Menolak Tarik Sahamnya dari PT GSI: 'Itu Biar Saja Jadi Proyek Kemanusiaan'

DEMOCRAZY.ID - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menolak menarik sahamnya di PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) usai menuai sorotan bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR).


"Kemarin saya bergumul ya, artinya gumul gini. Karena jumlahnya juga kecil cuma berapa persen ya. Saya bilang kalau saya mundur. Lantas nanti ini kasihan dong orang sepertinya saya ninggalkan ya itu enggak kesetiakawanan. Ndak, ndak bagus," kata Luhut dalam wawancara dengan CNN TV pada Jumat (12/11/2021).


Luhut mengaku telah mengikhlaskan uang yang disumbangkannya ke perusahaan tersebut untuk membantu penanganan Covid-19. Khususnya, untuk memastikan ketersediaan tes PCR di Indonesia.


"Saya enggak akan pernah menerima apa pun dari sana. Biarkanlah ada uang saya itu di situ. Itu biar saja proyek kemanusiaan," ungkap dia.


Di sisi lain, Luhut mengakui sempat khawatir bahwa bisnisnya tersebut menjadi konflik kepentingan atau konflik interest.


Apalagi, dia juga merupakan koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.


Namun, dia memastikan bahwa perusahaan PT GSI itu didirikan tidak mencari keuntungan. Sejak awal, dia membuat perusahaan tersebut hanya untuk misi kemanusiaan.


"Setelah ada GSI ini saya bilang sebenarnya enggak bagus juga tuh bikin gitu. Walaupun tidak ada satu pun keputusan saya, saya ulangi keputusan saya untuk kepentingan itu ndak ada. 


Karena semua harus diaudit oleh apa BPKP. Jadi enggak ada sama sekali itu. Sama sekali enggak ada nol," ujarnya.


Sebagai informasi, nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sorotan publik setelah disebut terlibat dalam bisnis tes PCR melalui PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).


Luhut memiliki saham di PT GSI secara tak langsung melalui dua perusahaan tambang yang terafiliasi dengannya, yakni PT Toba Sejahtera dan PT Toba Bumi Energi.


Pejabat Istana lain yang namanya dikaitkan dalam kepemilikan saham di PT GSI adalah Menteri BUMN, Erick Thohir. [Democrazy/trb]

Penulis blog