POLITIK

Kata Hasto: Radikalisme dan Terorisme Akarnya Dari Kemiskinan

DEMOCRAZY.ID
November 29, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Kata Hasto: Radikalisme dan Terorisme Akarnya Dari Kemiskinan

Kata Hasto: Radikalisme dan Terorisme Akarnya Dari Kemiskinan

DEMOCRAZY.ID - Hasto Kristiyanto yang merupakan sekretaris jenderal (sekjen) PDIP belum lama ini membahas soal intoleransi hingga radikalisme-terorisme. 


Uniknya, Hasto mengatakan bahwasanya radikalisme yang berujung pada terorisme sebenarnya salah satunya berakar dari kemiskinan sehingga kemudian alam pikir dapat dengan mudah dibutakan. 


Oleh karena itu, ia lantas mendesak agar paham radikalisme dibasmi sedini mungkin. 


Namun, tentu saja dengan tetap mendorong kehidupan berbangsa dan bernegara yang inklusif berdasarkan Pancasila.


“Akar radikalisme dan terorisme harus dicegah dari dini dengan menolak berbagai bentuk intoleransi,” ujar Hasto pada Senin, 29 November 2021. 


Hal itu disampaikan Hasto saat hadir sebagai pembicara dalam webinar bertajuk ‘Tantangan, Radikalisme & Konsolidasi Demokrasi’ yang digelar oleh Partai Perindo.


Menurut Hasto, banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya paham radikalisme di tengah masyarakat. 


Mulai dari faktor kemiskinan, ketidakadilan, hingga kepemimpinan dan peranan kelompok-kelompok radikal internasional terhadap gerakan intoleransi yang ada di Indonesia. 


“Akar persoalan radikalisme berangkat dari kemiskinan dan penghinaan yang begitu panjang,” paparnya.


“Kemiskinan menjadi lahan yang mudah dari proses indoktrinasi yang membutakan alam pikir.” 


Diakuinya, dengan melihat realitas kehidupan sosial di masyarakat saat ini, banyak cara dilakukan untuk melakukan indoktrinasi memuja gerakan intoleransi sehingga menjadi lahan tumbuh suburnya paham radikalisme dan terorisme. 


Katakan saja mulai dari menyusup kelas ekonomi masyarakat bawah hingga menyasar lembaga pendidikan tinggi. 


“Dari berbagai kajian yang dilakukan, terdapat suatu proses infiltrasi dalam memengaruhi pola pikir mahasiswa-mahasiswi untuk melibatkan diri dalam bentuk-bentuk tindakan radikalisme.” 


Untuk itu, Hasto menegaskan bahwa negara tidak boleh kalah dengan gempuran paham radikalisme dan terorisme karena negara bertujuan melindungi segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia. 


Dengan kata lain, tidak boleh ada pembenaran atas nama keadilan, kemiskinan, ataupun pemahaman apa pun yang membutakan terhadap kemanusiaan dengan melakukan intoleransi dan gerakan radikalisme tersebut. 


“Dengan membangun demokrasi Pancasila, alat-alat negara harus secara jeli melihat persoalan-persoalan yang sudah meresahkan dan melakukan pencegahan,” tandas Hasto. [Democrazy/terkini]

Penulis blog