EKBIS

Kaget Anggaran Pemda Masih Rp226 Triliun, Jokowi: Kok Masih Banyak Banget, Segera Habiskan!

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Kaget Anggaran Pemda Masih Rp226 Triliun, Jokowi: Kok Masih Banyak Banget, Segera Habiskan!

Kaget Anggaran Pemda Masih Rp226 Triliun, Jokowi: Kok Masih Banyak Banget, Segera Habiskan!

DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para kepala daerah untuk segera menghabiskan anggaran yang dialokasikan, mengingat tahun 2021 segera berakhir. 


Jokowi menyebut, anggaran yang tersisa saat ini Rp226 triliun. 


 "Kalau dimiliarkan Rp226 ribu miliar, ini gede sekali! Segera dihabiskan dulu, realisasikan," kata Presiden dalam "Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021", Rabu (24/11/2021). 


Jokowi mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan Rp642 triliun dari APBN ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. 


Dengan nilai yang tersisa Rp226 triliun, menunjukkan penyerapan anggaran masih terhitung rendah.


Karenanya dengan anggaran sebesar itu, Jokowi mendesak agar pemerintah daerah dapat mempergunakan dana itu semaksimal mungkin. 


Penggunaan anggaran yang tepat untuk pembangunan daerah, diyakini dapat menggaet investor ke daerah masing-masing. 


"Semuanya harus memiliki keinginan yang sama untuk memajukan daerahnya, kabupaten, kota, provinsi dan tentu memajukan negara kita Indonesia," kata Presiden.


Jokowi juga mengingatkan agar pemerintah daerah memberikan pelayanan perizinan yang optimal, dengan memberikan kemudahan pada pengusaha dan investor. 


Jokowi pun mengapresiasi sejumlah kementerian, lembaga,dan pemda, yang mendapatkan anugerah untuk investasi, baik realisasi investasi, maupun urusan perizinan.


"Urusan pelayanan perizinan bagus, seperti tadi di Jawa Tengah, tapi realisasi investasi bagus di Jawa Barat. 


rtinya belum tentu kita layani dengan baik investasi akan datang, apalagi tidak dilayani. Dilayani saja belum tentu investor datang apalagi tidak dilayani dengan baik," kata Presiden. [Democrazy/indoz]

Penulis blog