Jokowi: Saya Ingin Banyak Mobil Listrik dan Hybrid Diproduksi di Indonesia | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 17 November 2021

Jokowi: Saya Ingin Banyak Mobil Listrik dan Hybrid Diproduksi di Indonesia

Jokowi: Saya Ingin Banyak Mobil Listrik dan Hybrid Diproduksi di Indonesia

Jokowi: Saya Ingin Banyak Mobil Listrik dan Hybrid Diproduksi di Indonesia

DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pameran otomotif Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD Tangerang, Rabu, 17 November 2021.


Dalam kunjungannya, Jokowi menyambangi beberapa booth peserta GIIAS 2021 dan menemui beberapa petinggi brand otomotif di Indonesia.


Di kesempatan itu Jokowi menyampaikan komitmen pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.


"Pentingnya segera dibangun ekosistem untuk mobil yang ramah lingkungan, mobil rendah emisi," kata Jokowi saat memberikan keterangan kepada media usai melakukan kunjungan ke GIIAS 2021.


Untuk itu, Jokowi mendorong industri otomotif Tanah Air untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik dan hybrid di Indonesia.


"Kita mendorong untuk produksi mobil listrik, hybrid. Tapi sekali lagi yang semuanya harus ramah lingkungan," ungkapnya.


Hal tersebut dikatakan Jokowi ia sampaikan langsung kepada pada petinggi otomotif yang ia ditemui di GIIAS 2021.


"Kita udah ketemu para CEO. Saya sampaikan yang jadi konsen dan yang harus dilakukan sama-sama," jelasnya.


Salah satu komitmen yang telah dilakukan pemerintah dalam pengembangan ekosistem kendaraan lingkungan yaitu dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020.


Aturan ini tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).


Kemudian Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 28 Tahun 2020 tentang Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dalam Keadaan Terurai Lengkap dan Keadaan Terurai Tidak Lengkap.


Sejalan hal itu, beberapa produsen mobil juga telah menunjukan komitmennya dengan memasarkan hingga memproduksi mobil listrik di Indonesia. [Democrazy/pkry]