Dipersoalkan Erick Thohir, Bayar Toilet di SPBU Uangnya Buat Siapa? | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 24 November 2021

Dipersoalkan Erick Thohir, Bayar Toilet di SPBU Uangnya Buat Siapa?

Dipersoalkan Erick Thohir, Bayar Toilet di SPBU Uangnya Buat Siapa?

Dipersoalkan Erick Thohir, Bayar Toilet di SPBU Uangnya Buat Siapa?

DEMOCRAZY.ID - Toilet berbayar di SPBU mendapat sorotan dari Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Erick, toilet di SPBU merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis.


Ia menemukan bahwa toilet di SPBU tidak gratis saat sidak ke SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.


Sebenarnya untuk apa uang yang dipungut dari pengguna toilet SPBU?


Mantan Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) yang juga Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Eri Purnomo Hadi mengungkapkan, toilet di SPBU sebenarnya tidak berbayar.


Pengguna SPBU memberikan seikhlasnya saja. Uang tersebut untuk para petugas kebersihan yang menjaga agar toilet SPBU selalu bersih dan nyaman.


"Jika ada kotak atau kencleng di SPBU itu keikhlasan. Setiap SPBU ada 2-3 petugas kebersihan yang menjalankan tugas bersih-bersih toilet supaya sehat bersih terjaga," kata Eri kepada kumparan, Rabu (24/11).


Ada sekitar 7 ribu SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Eri membeberkan, jumlah penjaga toilet SPBU ada belasan ribu.


"Bayangkan ada belasan ribu pekerja non formal yang dikaryakan. Positifnya kan secara ekonomi baik dan mereka menghidupi anak istrinya, berarti ada puluhan ribu orang yang bisa makan dan hidup dari pekerjaan mulia tersebut," ujarnya.


Menurut Eri, toilet berbayar sebenarnya bukan sesuatu yang aneh. Di berbagai negara, toilet SPBU berbayar agar kebersihannya selalu terjaga. 


Eri menyebut di toilet berbayar di beberapa negara Eropa seperti Belanda, Prancis, Jerman, dan Eropa Timur sebagai contoh.


"Di Belanda di SPBU BP saya pernah tahun 2019 di sana berbayar 20 sen Euro sampai 50 sen Euro," ungkapnya.


Ia pun menerangkan, toilet di SPBU sudah ada standarisasi kelayakannya dan secara rutin diaudit Pertamina. Tapi tidak ada aturan soal apakah toilet SPBU gratis atau berbayar.


"Standar Pertamina dan bisnis model di dunia internasional bahwa toilet di SPBU wajib disediakan dengan layak, bersih, higienis dan terpisah untuk laki dan wanita, tersedia air yang cukup, ada karbol, pembersih kloset, pewangi, sabun cair pencuci tangan, tisu atau pengering, selalu kering lantainya, dan dilengkapi kain pel dengan lap sikat dan sebagainya. (Toilet berbayar) Tidak ada aturannya," tutupnya.


Pertamina Buka Suara soal Toilet Berbayar di SPBU


Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan toilet memang merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU.


"Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," kata Fajriyah. [Democrazy/kmpr]