Anak Negeri Dianggap Kurang Profesional, Balap ATC di Sirkuit Mandalika Akhirnya Libatkan Belasan Marshal dari Malaysia | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 17 November 2021

Anak Negeri Dianggap Kurang Profesional, Balap ATC di Sirkuit Mandalika Akhirnya Libatkan Belasan Marshal dari Malaysia

Anak Negeri Dianggap Kurang Profesional, Balap ATC di Sirkuit Mandalika Akhirnya Libatkan Belasan Marshal dari Malaysia

Anak Negeri Dianggap Kurang Profesional, Balap ATC di Sirkuit Mandalika Akhirnya Libatkan Belasan Marshal dari Malaysia

DEMOCRAZY.ID - Balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) akan digelar pekan ini di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan melibatkan belasan marshal dari Malaysia.


Mulanya balapan ATC akan digelar pada Minggu (14/11/2021) namun diundur menjadi 19-21 November 2021 bersamaan dengan World Super Bike (WSBK).


Pelibatan tenaga dari luar negeri dilakukan sebagai upaya solutif dari kontroversi marshal yang dinilai kurang profesional dan menyebabkan penyelenggaraan ATC ditunda.


Melansir akun Instagram @twowheels20, sekitar 15 marshal dari sirkuit Sepang, Malaysia, akan didatangkan ke sirkuit Mandalika, untuk menyukseskan gelaran dua ajang balapan dunia tersebut.


Menurut informasi, rombongan marshal dari Sepang akan berangkat hari ini, Rabu (17/11/2021).


"Menyusul permasalahan marshal saat berlangsungnya putaran ketiga IATC pekan lalu, balapan terpaksa ditunda bersamaan dengan seri keempat akhir pekan ini, sebagai balapan pendukung WorldSBK," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.



Lebih lanjut diterangkan bahwa belasan marshal yang akan dilibatkan dalam ajang balapan Internasional di Sirkuit Mandalika telah teruji dan profesional.


Disebutkan juga bahwa marshal balap sudah pernah terlibat dalam berbagai ajang balapan Internasional, diantaranya kejuaraan MotoGP dan F1 di Thailand juga Singapura.


"Marshal balap dari Malaysia tidak asing dengan ajang internasional, karena sebelumnya juga pernah membantu Thailand dan Singapura dalam kejuaraan MotoGP dan F1," lanjutnya.


Pihaknya berharap, kedatangan marshal dari negeri Jiran dapat membantu kelancaran ajang balapan di Sirkuit Mandalika.


"Semoga tenaga kerja dari serumpun Asia ini dapat melancarkan kejuaraan balap internasional akhir pekan ini," tutup pernyataan dari akun Instagram Two Wheels Media.


Sebelumnya, Balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang seharusnya digelar Minggu (14/1/2021) di Sirkuit Mandalika, Lombok, terpaksa ditundakan karena tak bisa memenuhi syarat minimal marshal yang bertugas.


Penyelenggaraan ATC 2021 pun diundur hingga tanggal 19-21 November 2021, bertepatan dengan penyelenggaraan World SuperBike (WSBK) 2021. Hal ini dilakukan karena fungsi marshal dalam ajang balapan sangat penting.


Atas pembatalan dan penjadwalan ulang tersebut, MGPA selaku pengelola sirkuit Mandalika dan promotor lokal IATC dan WorldSBK Indonesia 2021 itu pun menyatakan permintaan maaf.


"Sebelumnya kami meminta maaf kepada seluruh pecinta balap Tanah Air perihal pelaksanaan Idemitsu Asia Talent Cup yang terpaksa kami jadwalkan ulang," ungkap Ricky Baheramsjah selaku Direktur Utama MGPA dalam rilis resminya, Selasa (16/11/2021).


Menurut Ricky, putaran ketiga IATC yang digelar di Sirkuit Mandalika memang dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada sirkuit baru ini untuk menguji coba layanan fasilitas dan lintasannya.


Juga untuk mengidentifikasi hal apa saja yang perlu ditingkatkan lagi hingga puncaknya pada WorldSBK Indonesia 2021 nanti.


"Saat ini, kami bersama Dorna, dan dibantu oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), terus berkoordinasi dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) untuk mempersiapkan race sesuai jadwal yang sudah ditentukan berdasarkan uji coba kemarin,” pungkas Ricky. [Democrazy/ktv]