AGAMA

Volume Adzan Jadi Sorotan Media Asing, Muhammadiyah Beri Saran Bijak Ini

DEMOCRAZY.ID
Oktober 15, 2021
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Volume Adzan Jadi Sorotan Media Asing, Muhammadiyah Beri Saran Bijak Ini

Volume-Adzan-Jadi-Sorotan-Media-Asing-Muhammadiyah-Beri-Saran-Bijak-Ini

DEMOCRAZY.ID - Ketua PP Muhammdiyah Dadang Kahmad merespons sorotan media asing yang menilai suara azan di Jakarta berisik. 


Dadang menegaskan bagaimanapun azan merupakan hal yang wajib diserukan kepada umat Islam.


"Pertama sebagai negara yang mayoritas Muslim suara adzan adalah suara yang harus diserukan kepada semua umat muslim sebagai seruan untuk sholat berjamaah di mesjid," kata Dadang, kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).


Namun, dia juga memberikan saran agar tidak ada yang terganggu dengan suara azan. 


Dadang menyarankan setiap masjid harus membatasi suara agar tidak melewati batas masjid lain.


"Tapi karena masjid itu banyak maka sebaiknya volume speaker dibatasi sekeliling mesjid tidak melintasi batas mesjid yang lain," ujarnya.


Dia juga menyarankan agar pengeras suara hanya dipakai untuk mengumandangkan azan saja. 


Sedangkan untuk iqomah dan kegiatan lainnya, Dadang menyarankan agar hanya memakai pengeras suara di dalam masjid.


"Sebaiknya hanya dipakai untuk mengumandangkan azan saja, sedangkan iqomah dan sholat serta kegiatan lainnya sebaiknya memakai speaker dalam saja," tuturnya.


Sorotan mengenai suara azan di Jakarta ini sebelumnya diangkat oleh Agence France-Presse (AFP), agensi berita internasional yang berpusat di Paris, Prancis.


"Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia mengatasi reaksi volume azan," demikian judul AFP, diunggah Kamis (14/10).


Salah satu narasumber AFP adalah muslimah berusia 31 tahun dengan nama samaran Rina, pengidap gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang tidak bisa tidur, mengalami mual untuk makan, dan takut untuk menyuarakan komplain soal suara azan dari masjid di dekat rumahnya.


AFP menuliskan azan dan masjid adalah dua hal yang dihormati di Indonesia, negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. 


Mengkritik azan dan masjid bisa berujung pada tuduhan penistaan agama dengan ancaman 5 tahun penjaraan.


"Tidak ada yang berani untuk komplain soal itu di sini," kata Rina.


Rina selalu terbangun dari tidurnya pukul 3 dini hari karena terusik suara pengeras suara dari masjid di dekat rumahnya.


"Pengeras suara tidak cuma digunakan untuk azan, tapi juga untuk membangunkan orang 30-40 menit sebelum salat Subuh," kata Rina kepada AFP. Rina sudah menahan gangguan ini selama enam bulan terakhir.


Komplain secara daring (online) soal pengeras suara yang berisik sudah mulai meningkat, tapi kebanyakan anonim karena pelapor khawatir dengan akibat yang ditimbulkan gara-gara komplain seperti itu. 


Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah mengerahkan tim untuk mengatasi tata suara (sound system) masjid di seluruh Indonesia, tapi ini adalah persoalan yang sensitif.


AFP menyebut negara kepulauan di Asia Tenggara ini dikenal sebagai wilayah dengan toleransi antaragama yang baik, tapi kini muncul perhatian bahwa corak keagamaan Islam moderat terancam oleh penganut garis keras.


Pada 2018, perempuan Buddha dipenjara gara-gara menyebut suara azan 'bikin sakit telinga saya'. 


Awal tahun ini, ada selebritis Zaskia Mecca dikecam secara online gara-gara mengkritik suara pengeras suara saat Ramadhan.


AFP menyebut azan dipahami masyarakat sebagai simbol kebesaran. Isu suara azan bisa memecah belah. [Democrazy/detik]

Penulis blog