Video Sukmawati Jalani Upacara Potong Gigi Bagian Ritual Masuk Agama Hindu | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 27 Oktober 2021

Video Sukmawati Jalani Upacara Potong Gigi Bagian Ritual Masuk Agama Hindu

Video Sukmawati Jalani Upacara Potong Gigi Bagian Ritual Masuk Agama Hindu

Video Sukmawati Jalani Upacara Potong Gigi Bagian Ritual Masuk Agama Hindu

DEMOCRAZY.ID - Sukmawati Soekarnoputri telah resmi mengaju Hindu setelah menjalani ritual Sudhi Wadani kemarin di Bali. 


Dalam ritual yang sesuai dengan pedoman Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Sukmawati menjalani proses kelahiran kembali, termasuk ritual potong gigi.


Sukmawati Ritual Potong Gigi


Dalam ritual tersebut, nggak beneran gigi Sukmawati dipotong beneran lho ya. 


Dalam ritual ini, pemuka Hindu mengikir enam gigi Sukmawati. Ritual potong gigi ini menyimbolkan untuk membuang sifat-sifat buruk pada diri Sukmawati.


Seusai menjalani upacara ritual itu, Sukmawati dalam video diminta untuk berkumur dan kemudian membuang kumuran itu dalam sebuah wadah batok kelapa.




Makan Upacara Ritual Sukmawati


Upacara potong gigi dalam Hindu Bali ini dikenal dengan upacara Metatah.


Upacara ini dilakukan pada anak yang sudah beranjak dewasa, juga menyimbolkan pembayaran hutang oleh orang tua ke anaknya karena sudah bisa menghilangkan keenam sifat buruk dari diri manusia.


Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya. 


Ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring. 


Tujuan dari upacara ini untuk mengurangi sifat buruk. 


Metatah dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan upacara Ngaben, pernikahan, dan Ngeresi, serta dilakukan pada hari-hari tertentu saja (sad ripu) pada yang bersangkutan.


Prosesi Sudi Wadani (pindah agama Hindu) yang dilakukan oleh Putri Bung Karno, Sukmawati Sukarno dari agama Islam ke agama Hindu yg berlangsung 26 Oktober 2021 di Bale Agung Singaraja Buleleng. 


Sudi Wadani adalah proses ritual yang sesuai dgn pedoman PHDI. Dihadiri oleh wakil keluarga yakni putranya, Muhammad Putera Sukarno Alhadad. Sukmawati Sukarno menjalankan proses kelahiran kembali dengan simbol simbol upacara Hindu Bali. [Democrazy/hops]