Sejumlah Karangan Bunga Hiasi Lokasi Upacara Sukmawati Pindah Agama | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 26 Oktober 2021

Sejumlah Karangan Bunga Hiasi Lokasi Upacara Sukmawati Pindah Agama

Sejumlah Karangan Bunga Hiasi Lokasi Upacara Sukmawati Pindah Agama

Sejumlah Karangan Bunga Hiasi Lokasi Upacara Sukmawati Pindah Agama

DEMOCRAZY.ID - Sejumlah karangan bunga berisi ucapan selamat menghiasi gerbang Kawasan Sukarno Heritage di Jalan Gunung Batur, Kabupaten Buleleng, Bali. 


Tempat ini akan menjadi lokasi upacara Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri yang menjalani upacara berpindah keyakinan dari Islam menjadi Hindu, pada Selasa (26/10).


Upacara rencananya digelar pada pukul 09:30 Wita.


Ucapan upacara Manusa Yadya Sudhi Wadhani yang dihias dari karangan bunga itu salah satunya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu Bintang Puspayoga.


Sementara, suasana pada pagi ini masih terlihat lengang. Di sekitar lokasi hanya beberapa dari pihak keluarga serta pemangku yang menyiapkan banten atau sarana upacara untuk Sudhi Wadani bagi Sukmawati.


Namun, saat tim wartawan memasuki tempat upacara, dari salah satu anggota keluarga meminta untuk awak media menunggu diluar karena dari informasi didapat bahwa acara upacara Sudhi Wadhani tertutup hanya untuk keluarga saja. 


Hingga berita ini diturunkan Sukmawati belum terlihat mendatangi tempat upacara karena dari informasi upacara Sudhi Wadani.


Seperti yang diberitakan, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan Putri mantan Presiden Sukarno, akan menjalani upacara untuk berpindah keyakinan dari Islam menjadi Hindu.


Penglingsir Pasek Bale Agung, Jro Made Arsana sekaligus penanggung jawab upacara menyampaikan, untuk hari ini Sukmawati akan melakukan upacara ruwatan atau penglukatan di pantai.


"Ada acara ruwatan tanggal 25 nanti sore di pantai. Besok baru ada acara seremonial," kata Arsana, saat dihubungi Senin (25/10).


Ia juga menyampaikan, untuk upacara atau ritual Sukamawati pindah agama tidak ada mengundang orang dan hanya untuk keluarga dan tertutup.


"Tidak ada (mengundang) orang. Tidak mengundang siapapun hanya acara keluarga. Iya tertutup," imbuhnya.


Ia juga menyebutkan, bahwa perpindahan keyakinan Sukamawati sudah melalui proses yang panjang dan selama ini Sukmawati juga sudah lama mendalami ajaran Hindu.


"Jadi penuturan dari saudaranya atau anak-anaknya dari kelima saudaranya. Ini memang dilihat Sukamawati sudah (memang ingin) ke Hindu. Apalagi dia, pernah menikah dengan di Keraton ke Jawen sudah lama, dia sudah mendalami Hindu," ujarnya.


Selain itu, perpindahan Sukamawati bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 70. 


Kemudian, untuk prosesi perpindahan upacara akan berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 25 hingga 26 Oktober 2021.


"Sekarang momentumnya, bertepatan dengan hari ulang tahun dia pada tanggal 27 Oktober yang ke 70. Jadi, kami di Balai Agung dimintakan bantuan untuk upacara ini. Kami sudah siap," ujar Arsana. [Democrazy/cnn]