HUKUM POLITIK

Nah Kan! Lord Luhut Jadi Sorotan Enam Organisasi HAM Internasional

DEMOCRAZY.ID
Oktober 08, 2021
0 Komentar
Beranda
HUKUM
POLITIK
Nah Kan! Lord Luhut Jadi Sorotan Enam Organisasi HAM Internasional

Nah Kan! Lord Luhut Jadi Sorotan Enam Organisasi HAM Internasional

DEMOCRAZY.ID - Organisasi HAM internasional di antaranya International Federation for Human Rights (FIDH), World Organization Against Torture (OMCT), Frontline Defenders, Business and Human Rights Resource Centre (BHRRC), International Network of Civil Liberties Organizations (INCLO), CIVICUS, Capital Punishment Justice Project (CPJP), dan Franciscans International menyorototi kelakuan Luhut Binsar Pandjaitan yang melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.


“INCLO, sebagai salah satu jaringan KontraS di isu kebebasan sipil, melakukan intervensi di forum tersebut dengan mengangkat kasus somasi Fatia Maulidiyanti dan Haris Azhar, dan juga KontraS, sebagai organisasi yang telah bekerja sama dengan PBB sejak 2005 dan kini mengalami intimidasi dan resiko kriminalisasi,” terang Fatia yang dikutip Jumat dini hari (8/10).


Fatia, juga dinyatakan oleh INCLO bahwa tindakan intimidatif terhadap dirinya dan Haris Azhar bertentangan dengan kebebasan berekspresi, yang mana digunakan Fatia dan Haris untuk mempublikasikan hasil riset organisasi-organisasi HAM di Indonesia mengenai relasi militer dan eksploitasi tambang di Papua.


“Selain INCLO, Franciscans Internasional juga memberi perhatian terhadap serangan kepada pembela HAM seperti Fatia Maulidiyanti dan Haris Azhar di General Debate mengenai situasi HAM yang membutuhkan atensi Dewan HAM PBB di sesi Dewan HAM PBB ke-48,” ucapnya.


Fatia mengatakan, Fransicans Internasional merasa bahwa kebebasan sipil semakin terancam di Indonesia. 


Isu ini merupakan isu HAM yang perlu mendapat perhatian Dewan HAM PBB.


“Karena tentunya mengancam kebebasan sipil yang sudah dilindungi dalam instrumen hukum internasional,” tandasnya. [Democrazy/suaranasional]


Source: SuaraNasional

Penulis blog