Moeldoko: Indonesia Dipuji Banyak Negara Dunia Setelah Berhasil Kendalikan Covid-19 | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 27 Oktober 2021

Moeldoko: Indonesia Dipuji Banyak Negara Dunia Setelah Berhasil Kendalikan Covid-19

Moeldoko: Indonesia Dipuji Banyak Negara Dunia Setelah Berhasil Kendalikan Covid-19

Moeldoko: Indonesia Dipuji Banyak Negara Dunia Setelah Berhasil Kendalikan Covid-19

DEMOCRAZY.ID - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, banyak negara memuji Indonesia karena dianggap berhasil mengendalikan penularan Covid-19. 


Hal ini disampaikannya menjawab pertanyaan seperti apakah reputasi Indonesia di masa tujuh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo. 


"Reputasi Indonesia di mata mancanegara setelah berhasil mengendalikan Covid-19 banyak yang respons yang memuji dan ingin belajar dari indonesia," ujar Moeldoko dalam sesi tanya jawab live Instagram, Selasa (26/10/2021). 


Secara konkret, sejumlah negara mengubah kebijakannya terhadap Indonesia dalam rangka penanganan pandemi. 


Moeldoko mencontohkan, Inggris menghapus Indonesia dari red list per 11 Oktober 2021. 


Lalu, Meksiko menerima pendatang dari Indonesia secara normal.


Selain itu, Arab Saudi berencana menerima pendatang umrah dari Indonesia. 


Kemudian, Kamboja sudah membuka restriksi perjalanan dari Indonesia.


"Ini beberapa contoh bahwa Indonesia mendapat pengakuan dari negara-negara itu. Lalu banyak negara yang ingin mengajak kerja sama Indonesia, seperti AS, Polandia, dan Selandia Baru, untuk sama-sama bisa menanggulangi pandemi. Nah, ini kan terbangun secara otomatis," jelas Moeldoko. 


Dia melanjutkan, indeks pemulihan Covid-19 dari Nikkei per oktober 2021 menempatkan Indonesia sebagai negara terbaik di ASEAN dalam penanganan Covid-19. 


"Indonesia mendapat skor 54,5. Skor kita sama seperti Korea Selatan. Kurang apa lagi," ungkap Moeldoko. 


Merujuk pada pencapaian itu, Moeldoko mengingatkan masyarakat harus menyadari Indonesia merupakan negara besar yang bisa mengelola dengan efektif dampak pandemi Covid-19.


"Nah ini, kadang-kadang kita sendiri juga minder pada kita sendiri. Bahwa kita itu sebenarnya sebuah negara besar yang bisa mengelola negara dengan sangat efektif dalam menghadapi pandemi," tambah Moeldoko. [Democrazy/kmp]