AGAMA

Gus Im Sebut Ketum PBNU Terpilih Harus Penuhi 4 Syarat Ini

DEMOCRAZY.ID
Oktober 23, 2021
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Gus Im Sebut Ketum PBNU Terpilih Harus Penuhi 4 Syarat Ini

Gus Im Sebut Ketum PBNU Terpilih Harus Penuhi 4 Syarat Ini

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan dipilih dalam Muktamar NU 2021 pada bulan Desember yang akan datang.


Ketua Umum Perkumpulan Pondok Pesantren Al-Bismi Jawa Tengah, Imam Prayogi menyebutkan, setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi oleh sosok calon Ketum PBNU.


Imam Prayogi yang akrab disapa Gus Im menegaskan, pemimpin adalah panutan bagi pribadi pemimpin tersebut, dan juga bagi masyarakat umum.


Gus Im mengungkapkan hal tersebut saat diskusi daring dan luring dalam memperingati Hari Santri di Magelang, Jawa Tengah (Jateng) Kamis, 21 Oktober 2021.


Gus Im mengawali pemaparannya tentang pentingnya mencermati tindak tanduk atau adab seorang calon dalam memilih pemimpin seperti bupati, gubernur bahkan presiden.


Menurut Gus Im, memilih pemimpin bukan hanya urusan dunia saja melainkan juga kehidupan akhirat.


Gus Im menegaskan, Islam tidak menganut dikotomi atau sekulerisasi, yang memisahkan antara dunia dan akirat.


Gus Im menjelaskan, syarat pertama seorang pemimpin adalah mukmin dan muslim yang baik, memiliki dua sifat yaitu “hafizhun ‘alim”.


“Hafizhun artinya orang yang pandai menjaga, yakni, orang berintegritas, berkepribadian kuat, amanah, jujur dan berakhlak mulia hingga patut jadi teladan bagi orang lain atau rakyat yang dipimpinnya," tutur Gus Im.


"Adapun “Alim”, artinya orang berkemampuan, dan berpengetahuan memadai guna memimpin rakyat dan membawa hidup sejahtera," tambahnya.


Syarat kedua, lanjut Gus Im, adalah orang yang rajin menegakkan sholat karena sholat adalah barometer akhlak manusia.


"Pemimpin yang baik dan layak dipilih, adalah pemimpin yang menegakkan sholat. Sholat melahirkan tanggung jawab," ujarnya.


Syarat ketiga adalah gemar menunaikan zakat dan sedekah, karena zakat bukan hanya membersihkan harta kotor saja melainkan membersihkan harta diri sendiri dari hak orang lain.


Sedangkan syarat keempat adalah orang yang suka berjemaah, artinya suka bergaul dengan masyarakat dan berusaha mengetahui keadaan rakyat sebaik-baiknya serta mencari jalan keluar atas persoalan-persoalan yang dihadapi rakyatnya.


Keempat syarat tersebut, lanjut Gus Im, juga sejalan dengan momentum pemilihan ketua umum PBNU di Desember 2021. 


Gus Im berharap Muktamar NU 2021 nanti dapat terpilih sosok ketua umum PBNU yang minimal memiliki empat syarat tersebut.


Selain itu, bisa mudah diterima seluruh pengurus PW maupun PCNU se-Indonesia dan solutif terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi organisasi. [Democrazy/pk-ry]

Penulis blog