EDUKASI EKBIS

Duh! Negara Diklaim Sudah Tak Mampu Gaji PNS, Mahasiswa Diminta Jangan Mau Jadi Pegawai Negeri

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
EKBIS
Duh! Negara Diklaim Sudah Tak Mampu Gaji PNS, Mahasiswa Diminta Jangan Mau Jadi Pegawai Negeri

Duh! Negara Diklaim Sudah Tak Mampu Gaji PNS, Mahasiswa Diminta Jangan Mau Jadi Pegawai Negeri

DEMOCRAZY.ID - Politikus yang juga mantan anggota Komisi III DPR periode 2014-2019, Akbar Faizal, meminta mahasiswa mengubah mindset (pola pikir) agar begitu lulus tidak berpikir ingin jadi pegawai negeri sipil (PNS).


Hal itu disampaikan Akbar Faizal saat berpidato di acara Wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM) pada 29 September 2021.


Akbar Faizal menyarankan agar para mahasiswa yang sudah lulus sebaiknya memikirkan bagaimana caranya menjadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.


"Anak-anakku sekalian, berhentilah berpikir untuk mejadi pegawai negeri. Negara ini sudah tak mampu lagi untuk menggaji seorang pegawai negeri," sebut Akbar Faizal dalam video pidatonya yang diunggah akun Instagram @profesiunm.


"Anak-anakku sekalian, Anda harus mengubah cara berpikirnya sekarang. 'Bagaimana keluar dari kampus untuk menjadi pegawai negeri?' Enggak! Anda harus mengubah cara berpikir itu. Ciptakan lapangan pekerjaan!" sebutnya lagi.


Akbar Faizal mengatakan itu karena dirinya mengaku tahu betul bagaimana isi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semasa menjadi pejabat publik.


"Karena saya mantan pejabat negara yang mengelola APBN, yang tahu isi APBN itu, saya ingin katakan sekali lagi, negara sudah tidak mampu lagi membayar pegawai negeri," tuturnya.


Akbar Faizal kemudian menjawab mengapa sampai saat ini kementerian atau lembaga negara masih membuka rekrumen CPNS jika memang sudah tak mampu menggajinya.


"Iya (masih ada rekrutmen), karena kalau tidak, pengangguran semakin besar," ujar Akbar Faizal menegaskan.


Profesi sebagai PNS masih banyak diminati anak muda Indonesia salah satunya karena dengan menjadi PNS, masa depan terjamin secara materi sebab ada uang pensiun. [Democrazy/pk-ry]

Penulis blog