Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Mega Tanya Jokowi: Kok Saya Lagi Sih Pak? | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Kamis, 28 Oktober 2021

Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Mega Tanya Jokowi: Kok Saya Lagi Sih Pak?

Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Mega Tanya Jokowi: Kok Saya Lagi Sih Pak?

Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Mega Tanya Jokowi: Kok Saya Lagi Sih Pak?

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku sempat menanyakan langsung kepada Presiden Joko Widodo alasan ia dipilih menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 


Menurutnya, Jokowi sendiri yang ingin dirinya menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN. 


“Saya bilang tanya kepada beliau (Jokowi), kenapa kok saya lagi Pak? ‘Ya saya maunya ibu’ kata dia," ujar Megawati dalam acara virtual “Peresmian Dan Penandatangan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai PDI Perjuangan”, Kamis (28/10/2021). 


Lebih lanjut ia mengatakan, Jokowi melantik dirinya menjadi Ketua Dewan Pengarah agar BRIN bisa berjalan berdampingan dengan Pancasila.


Untuk diketahui, Megawati juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 


“Beliau (Jokowi) ingin dari BPIP dengan BRIN itu bisa sejalan. Jadi bukan asal riset saja,” kata Megawati.


Dalam kesempatan yang sama, ia mengimbau kader partainya untuk memahami kearifan lokal dan budaya dari tempat asal mereka. 


Nantinya, data tersebut bisa dijadikan rekomendasi dari PDI Perjuangan kepada pemerintah dalam rangka membangun bangsa dan negara. 


Sebab, mantan Presiden Ke-5 RI ini menilai, partai adalah organisasi politik yang memiliki fungsi untuk membangun bangsa dan negara. 


“Jadi dengan pertolongan dari PDI Perjuangan, itu nanti akan dimasukan ke BRIN,” ujar Megawati.


“Jadi sehingga dengan begitu, itu adalah kearifan lokal yang harus dijaga, sukunya ada apa saja kalau Kalimantan, di Bali bagaimana, dan lain sebagainya, itu kan punya masing-masing daerah ada sukunya, ada adatnya, itu harus dicatat, harus didokumentasikan,” imbuh dia. 


Adapun, Jokowi resmi melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). 


Penetapan keanggotaan Dewan Pengarah BRIN tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional. [Democrazy/kmp]