PERISTIWA POLITIK

TVRI Akhirnya Ungkap Alasan Tidak Tayangkan Film Pengkhianatan G30S PKI

DEMOCRAZY.ID
September 30, 2021
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
TVRI Akhirnya Ungkap Alasan Tidak Tayangkan Film Pengkhianatan G30S PKI

TVRI Akhirnya Ungkap Alasan Tidak Tayangkan Film Pengkhianatan G30S PKI

DEMOCRAZY.ID - Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) memastikan tidak akan menayangkan film Pengkhianatan G30S PKI. 


Keputusan itu diambil berdasarkan sejumlah hal. Salah satunya kontroversi mengenai pemutaran film tersebut tiap 30 September. 


Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno mengatakan TVRI harus menjadi alat perekat sosial dan pemersatu bangsa, sehingga tidak memutar tayangan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan perpecahan di masyarakat.


"Kami juga memberikan pencerahan dan informasih sehat sesui fungsi kepublikan kami, sehingga pembelajaran masa silam akan selalu kami tampilkan dengan cara interaktif dan kekinian," kata Iman dalam keterangan tertulis, Kamis (30/9). 


Menurut Iman, TVRI memiliki program-program pembelajaran sejarah, antara lain Forum Fristian pada 29 September 2021 dengan topik 'Rekonsiliasi 65, Berdamai dengan Sejarah'. 


Selanjutnya, program Mengingat Jejak Sejarah yang tayang pada 30 September 2021, serta penayangan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2021.


Iman mengungkapkan beberapa hal yang mendasari TVRI tidak menayangkan film Pengkhianatan G30S PKI. 


"Sejak 1998, film tersebut sudah tidak ditayangkan lagi di TVRI," tuturnya. [Democrazy/jpn]

Penulis blog