Ragu Jokowi Bakal Tepati Janji Berantas Mafia Tanah, Elite Gerindra: Ucapannya Sulit Dipercaya! | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Kamis, 23 September 2021

Ragu Jokowi Bakal Tepati Janji Berantas Mafia Tanah, Elite Gerindra: Ucapannya Sulit Dipercaya!

Ragu Jokowi Bakal Tepati Janji Berantas Mafia Tanah, Elite Gerindra: Ucapannya Sulit Dipercaya!

Ragu Jokowi Bakal Tepati Janji Berantas Mafia Tanah, Elite Demokrat: Ucapannya Sulit Dipercaya!

DEMOCRAZY.ID - Politisi Fadli Zon kembali melontarkan kritik tajamnya kepada orang nomor satu negeri ini. 


Kritik tersebut ia sampaikan melalui akun Twitter miliknya atas pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Pasalnya, dalam pidato sambutan ketika menghadiri Penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen memberantas mafia tanah.


“Saya kembali mengingatkan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah,” kata Jokowi, Rabu, 22 September 2021.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengingatkan jajaran Polri untuk tidak ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang meresahkan masyarakat.


“Jangan sampai juga ada aparat penegak hukum yang membekingi mafia tanah tersebut. Perjuangkan hak masyarakat dan tegakkan hukum secara tegas,” katanya.


Selain itu, Jokowi kembali menegaskan komitmen negara untuk benar-benar mengurai konflik agraria yang ada, serta mewujudkan reformasi agraria bagi masyarakat dan memastikan ketersediaan dan kepastian ruang hidup yang adil bagi rakyat.


Ia menyatakan bahwa dirinya tidak ingin para pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya.


“Saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa tidak ingin konflik agraria yang terjadi di banyak daerah ini terus menerus berlangsung dan saya tidak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum terhadap lahan yang menjadi sandaran hidup mereka. Saya juga tidak ingin para pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya,” ujarnya.


Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah memimpin sejumlah Rapat Terbatas (Ratas) untuk membahas mengenai kepastian hukum terhadap lahan tersebut.


Sejumlah Kepala Daerah juga sering diundang untuk menuntaskan konflik-konflik agraria yang ada di daerahnya.


Tak hanya itu, Presiden turut mengundang perwakilan organisasi masyarakat sipil untuk berdiskusi mengenai pilihan-pilihan dalam penyelesaian setiap kasus tanah yang ada.


“Kepastian hukum atas tanah yang memberikan keadilan kepada seluruh pihak adalah kepentingan kita bersama. Pemerintah berkomitmen untuk memberikan kepastian hukum yang berkeadilan ini,” ucapnya.


Menanggapi pernyataan dan janji Jokowi tersebut, Fadli Zon mengingatkan dan meminta untuk menepati semua ucapannya tersebut.


“Kata-kata dan janji yang begitu mudah diucapkan semakin sulit dipercaya jika tak direalisasikan. Buktikan Pak @jokowi,” kata Fadli Zon yang dikutip dari Twitter, @fadlizon, Kamis, 23 September 2021. [Democrazy/prky]