Gawat! Bakamla Ungkap Ribuan Kapal China Masuk Perairan Natuna - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Gawat! Bakamla Ungkap Ribuan Kapal China Masuk Perairan Natuna

Gawat! Bakamla Ungkap Ribuan Kapal China Masuk Perairan Natuna

Gawat! Bakamla Ungkap Ribuan Kapal China Masuk Perairan Natuna

DEMOCRAZY.ID - Ribuan kapal milik Vietnam dan China memasuki perairan Natuna Utara di dekat Laut China Selatan.


Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksda S. Irawan menyatakan, ribuan kapal tersebut tak terdeteksi radar, hanya terlihat dengan pantauan mata.


"Kalau kita lihat di pantauan radar atau pantauan dari Puskodal kami, sampai saat ini di daerah overlapping itu masih ada 1, 2, 3, 4, 5, 6 kapal-kapal Vietnam, pantauan radar, termasuk kapal-kapal coast guard China," kata Irawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 13 September 2021.


"Begitu dilihat kasat mata ataupun langsung pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," imbuhnya.


Dalam kesempatan itu, Bakamla mengungkapkan berbagai permasalahan yang menghambatnya dalam menjaga perbatasan. Salah satunya, persoalan sarana dan prasarana.


Disebutkan, kini Bakamla hanya memiliki 10 kapal dan tak memiliki armada untuk pemantauan udara. Pemantau udara biasanya dilakukan dengan meminjam ke TNI AL ataupun menyewa saat butuh pemantauan udara.


"Kami kerja sama dengan Kogabwilhan, khususnya wilayah Natuna Utara ini, kami ke Kogabwilhan I dan TNI AU untuk kita melaksanakan kerja sama pemantauan udara," kata dia.


Akibat pengawasan Bakamla yang tak optimal akibat keterbatasan armada, tak sedikit kapal asing memasuki perairan Indonesia hingga saat ini.


"Sampai saat ini pun, bahan bakar kita tidak ada. Kapal kita siap untuk berlayar dan patroli, tapi bahan bakar tidak ada. Sedangkan mereka ada di situ sejak lama, kapal-kapal Vietnam dan coast guard China," ungkapnya.


Rektor Universitas Ibnu Kaldun Musni Umar pun bereaksi terkait kasus tersebut.


"Gawat deh. Mau caplok laut Natuna milik Indonesia yg kaya sumber daya alam," ujarnya melalui akun Twitter @musniumar, Senin, 13 September 2021. [Democrazy/skt]

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: