BEM SI: Kami Akan Kembali Berdemo di KPK dengan Jumlah Massa Lebih Besar! | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Senin, 27 September 2021

BEM SI: Kami Akan Kembali Berdemo di KPK dengan Jumlah Massa Lebih Besar!

BEM SI: Kami Akan Kembali Berdemo di KPK dengan Jumlah Massa Lebih Besar!

BEM SI: Kami Akan Kembali Berdemo di KPK dengan Jumlah Massa Lebih Besar!

DEMOCRAZY.ID - Massa pedemo dari unsur mahasiswa, yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia membubarkan diri pada Senin (27/9/2021) pukul 15.20 WIB. 


Pantauan wartawan, massa membubarkan diri dengan tertib. 


Massa mahasiswa dari 20 kampus tersebut kembali ke kendaraannya masing-masing. Polisi pun menarik pasukan dari barikade depan. 


Koordinator Isu Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Zakky Musthofa Zuhad menyampaikan lima tuntutan terkait pemberhentian 57 pegawai KPK yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).


Zaky juga menegaskan mahasiswa akan kembali berdemo dalam waktu dekat di depan Gedung KPK dengan massa yang lebih banyak.


“Hari ini ada teman-teman mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya dan kini sudah menyampaikan aspirasinya. Pukul 15.20 WIB dan bubar kembali ke tempat masing-masing. Terima kasih,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah. 


Sebelumnya, Aliansi BEM Seluruh Indonesia menggelar aksi demonstrasi di Gedung Merah Putih KPK pada Senin pukul 14.00 WIB.


Aksi tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah. 


Demo dihelat terkait pemecatan 57 pegawai KPK dengan pemberlakuan TWK dan dinilai semakin melemahkan lembaga antirasuah tersebut. 


Polres Metro Jakarta Selatan menyiapkan 600 personel dan sejumlah kendaraan taktis untuk mengamankan jalannya unjuk rasa. 


Polisi juga menyiapkan tes swab antigen secara acak untuk para pengunjuk rasa. 


Aksi demo sempat memanas lantaran polisi dan mahasiswa saling dorong. 


Polisi pun membuat barikade untuk menghalau massa mahasiswa yang mencoba merangsek maju. [Democrazy/kompas]