HEALTH

Terima Donasi Alkes dari China, Opung Luhut Sangat Apresiasi dan Terima Kasih

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HEALTH
Terima Donasi Alkes dari China, Opung Luhut Sangat Apresiasi dan Terima Kasih

Terima Donasi Alkes dari China, Opung Luhut Sangat Apresiasi dan Terima Kasih

DEMOCRAZY.ID - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima bantuan untuk penanganan Covid-19 dari Pemerintah Republik Rakyat China di Kantor Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Selasa (10/8/2021).


Bantuan yang dimaksud berupa alat-alat kesehatan. Terdiri dari ventilator, oksigen konsentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask.


“Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada pemerintah RRT, Huawei, dan China Eastern Airlines, atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia dan masyarakatnya,” kata Luhut dalam keterangan persnya, Rabu (11/8/2021).


Luhut juga menyampaikan kalau Indonesia akan mendukung investasi China ke depannya dalam bidang kesehatan, seperti vaksin, pembuatan alat kesehatan serta pembangunan rumah sakit internasional.


"Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan,” ucapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Menkes Budi juga mengapresiasi donasi yang diberikan oleh Pemerintah China.


Menurutnya apa yang diberikan tersebut bukan hanya membantu kehidupan masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi bentuk kemanusiaan dari Pemerintah China untuk Indonesia.


Pada penyerahan bantuan tersebut, pemerintah China diwakili oleh Dubes China untuk Indonesia yakni Xiao Qian serta perwakilan dari Huawei.


Dubes Xiao Qian mengungkapkan bahwa situasi pandemi Covid-19 di Indonesia juga menjadi perhatian bagi pemerintah China.


Adapun sebagian donasi telah dikirim sejak 9 Agustus 2021 dan akan dikirim sisanya pada Jumat mendatang.


“Pemerintah RRT dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari RRT kepada Indonesia,” tutur Dubes Xiao Qian. [Democrazy/sra]

Penulis blog