AGAMA POLITIK

Taliban Deklarasikan Nama Baru Negara Afghanistan Jadi 'Islamic Emirate of Afghanistan'

DEMOCRAZY.ID
Agustus 20, 2021
0 Komentar
Beranda
AGAMA
POLITIK
Taliban Deklarasikan Nama Baru Negara Afghanistan Jadi 'Islamic Emirate of Afghanistan'

Taliban Deklarasikan Nama Baru Negara Afghanistan Jadi 'Islamic Emirate of Afghanistan'

DEMOCRAZY.ID - Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mendeklarasikan nama negara baru untuk Afghanistan bernama Imarah Islam Afghanistan atau Islamic Emirate of Afghanistan, Kamis (19/8).


Deklarasi ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada Kamis 19 Agustus 2021.


Deklarasi tersebut untuk memperkuat kekuasaannya di negara itu beberapa hari setelah merebut ibu kota nasional Kabul dan menggulingkan pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat (AS).


Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mendeklarasikan Imarah Islam Afghanistan dalam sebuah tweet dengan foto logo negara tersebut.


Taliban Deklarasikan Nama Baru Negara Afghanistan Jadi 'Islamic Emirate of Afghanistan'

“Deklarasi Imarah Islam Afghanistan pada kesempatan peringatan 102 tahun kemerdekaan negara ini dari kekuasaan Inggris,” tulis Mujahid di akun Twitter-nya,@Zabehulah_M33, Jumat (20/8/2021).


Imarah Islam Afghanistan sebenarnya nama negara yang sama saat Afghanistan berada di bawah kekuasaan Taliban antara tahun 1996 hingga 2001.


Sebelum kelompok itu digulingkan oleh pasukan sekutu NATO pimpinan AS setelah serangan 11 September 2001 atau serangan 9/11 di AS.


Pada saat itu, menurut laporan Insider, hanya segelintir negara yang mengakui pemerintah, termasuk Pakistan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Turkmenistan.



Mujahid, dalam tweet terpisah, mengatakan Imarah Islam Afghanistan menginginkan hubungan diplomatik dan perdagangan yang lebih baik dengan semua negara.


Pembaruan nama negara itu terjadi setelah Taliban secara resmi menyerbu pemerintah Afghanistan akhir pekan ini.


Merebut Kabul setelah membuat kemajuan yang menentukan di sejumlah ibu kota provinsi utama selama seminggu terakhir.


Kelompok itu meningkatkan serangan militernya ketika AS hampir menyelesaikan misi penarikan pasukannya, yang menurut Presiden Joe Biden akan diselesaikan pada akhir bulan ini.


Warga Afghanistan sekarang ini berebut untuk meninggalkan negara itu karena takut akan seperti apa pemerintahan yang dipimpin Taliban.


Kelompok Taliban mengatakan berencana untuk memerintah secara damai, tetapi banyak yang skeptis tentang bagaimana mereka akan memperlakukan perempuan dan orang lain di masyarakat. [Democrazy/pjs]


Sumber: https://www.timesofisrael.com/taliban-to-announce-islamic-emirate-of-afghanistan-from-presidential-palace/

Penulis blog