Soal Perseteruan Habib Bahar vs Ryan Jombang Gegara Masalah Duit, NasDem Malah Curigai Hal Ini | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Jumat, 20 Agustus 2021

Soal Perseteruan Habib Bahar vs Ryan Jombang Gegara Masalah Duit, NasDem Malah Curigai Hal Ini

Soal Perseteruan Habib Bahar vs Ryan Jombang Gegara Masalah Duit, NasDem Malah Curigai Hal Ini

Soal Perseteruan Habib Bahar vs Ryan Jombang Gegara Masalah Duit, NasDem Malah Curigai Hal Ini

DEMOCRAZY.ID - Anggota Komisi III DPR RI sekaligus Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali, menilai perselisihan antara Ryan Jombang dengan Habib Bahar bin Smith bisa terjadi karena kelalaian Kepala Lapas (Kalapas) Gunung Sindur dan jajarannya. 


Ahmad Ali mempertanyakan, digunakan untuk apa duit yang jadi pangkal masalah antara Ryan Jombang dengan Habib Bahar?


"Untuk kasus Habib Bahar ini kan dia dua kali dipidanakan dengan kasus yang sama, penganiayaan. Kemudian di dalam penjara melakukan perbuatan yang sama. Ini tentunya, kalau ditanya apakah kemudian pimpinan di sana atau petugas lapas, pasti kelalaian," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).


Perselisihan antara Ryan Jombang dengan Habib Bahar diketahui karena masalah duit. 


Ahmad Ali mempertanyakan, bagaimana bisa warga binaan diperkenankan memegang duit dengan nominal tertentu. 


Dia khawatir uang tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum.


"Kalapas berkewajiban memastikan kenyamanan warga binaan lain. Bagaimana kemudian para narapidana ribut persoalan uang? Ada apa? Kemudian dari mana sumber uang itu, apakah dibolehkan pegang uang dengan jumlah tertentu di dalam penjara," tutur Ahmad Ali.


"Pertanyaannya, digunakan untuk apa uang itu? Jangan-jangan untuk menyogok. Itu yang harus ditelusuri oleh Kemenkumham," imbuhnya.


Ahmad Ali meminta persoalan warga binaan bisa memegang duit ini ditelusuri. 


Dia juga meminta agar Dirjen Pemasyarakatan memberi perhatian khusus terhadap kinerja Kalapa Gunung Sindur Mujiarto.


"Saya sekali lagi minta dirjen lapas memberi perhatian yang serius lah untuk kejadian ini, termasuk kalapasnya. Kemudian petugas di situ juga harus menegakkan aturan. Karena begini, ketika penganiayaan terjadi bisa nanti narapidana yang lain melakukan hal yang sama. Agar tidak terjadi itu, tanggung jawab petugas lapas adalah memastikan rasa nyaman bagi seluruh warga binaan di situ," pungkasnya.


Seperti diketahui, insiden pemukulan yang dilakukan Habib Bahar terhadap Ryan Jombang disebut sudah selesai secara kekeluargaan. 


Ditjen Pas membagikan foto kebersamaan Ryan dan Habib Bahar.


"Itu salah satu bukti mereka sudah berdamai," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti, Kamis (19/8/2021).


Sementara, pihak Ryan Jombang menyampaikan akan berkoordinasi terlebih dahulu untuk menentukan apakah akan membawa persoalan ini ke ranah hukum. 


Pihak pengacara menyebut akan mendatangi Ryan Jombang untuk melakukan koordinasi.


"Nanti kami akan mengadakan pertemuan dengan Ryan dulu, kami rencana Minggu depan mau ke sana," ucap pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji saat dimintai konfirmasi detik, Jumat (20/8). [Democrazy/dtk]